ABSTRAKSalah satu indikator kualitas pelayanan rumah sakit adalah kepuasan pasien terhadap
pelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang. Program
pendidikan ini belum dilaksanakan di RSD Kabupaten Madiun, sehingga perlu dilakukan
penelitian tentang pengaruh pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadap
kepuasaan pasien tentang pelayanan keperawatan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh program tersebut terhadap kepuasaan pasien sehingga dapat digunakan untuk
meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasi eksperimen postest only with control group design. Jumlah responden sebanyak 80
pasien yang dibagi dalam kelompok intervensi dan kontrol masing-masing 40 orang
berdasarkan ruang perawatan. Pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terdiri dari
nutrisi, aktifitas, tanda dan gejala serta obat-obatan. Kepuasan pasien diukur dengan
menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dengan hasil uji validitas
0,4678 – 0,9098 dan reliabilitas 0,9851. Perbedaan kepuasan pasien pada kelompok
intervensi dan kontrol dianalisis dengan uji beda 2 mean t test independent dan faktor
dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien dianalisis dengan regresi linier
berganda dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien terhadap
pelayanan keperawatan yang mendapat pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang
mencapai 94,23% dan yang tidak mendapatkan mencapai 71,42% dengan (p = 0,000 <
0,05), berarti terdapat pengaruh pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadap
kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan. Pendidikan kesehatan persiapan pasien
pulang perlu direkomendasikan oleh rumah sakit untuk dilaksanakan kepada seluruh
pasien di ruang rawat inap dan rawat jalan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien
dan kualitas pelayanan keperawatan.
ABSTRACTOne of hospital service quality indicator is patient satisfaction of nursing service that is
health education of return patient preparation. This education program can not be
implemented yet at Public Hospital in Madiun District, so it is important to be done a
research concerning the effect of health education on return patient preparation toward
patient satisfaction of nursing service. This research purpose is to know the effect of this
program toward patient satisfaction so it can be used. This research used a quasi
experiment post test only with control group design. Amount of respondents are 80
patients divided into intervention and control group, each group consist of 40 people based
on caring room. Health education of return patient preparation consists of nutrition,
activity, signal and symptom and also medicines. Patient satisfaction is measured by using
questionnaires which is developed by researchers with validities test results of 0,4678 -
0,9098 and reliability of 0,9851. Difference of patient satisfaction on intervention and
control group is analyzed by different test 2 mean t test independent and dominance factor
which have effect on patient satisfaction analyzed by multiple linear regression with α =
0,05. Research result indicated that patient satisfaction of nursing service which getting
health education of return patient preparation reached 94,23% and don't get health
education of return patient preparation reached 71,42% (p=0,000 < 0,05), It means there
are effect of health education of return patient preparation toward patient satisfaction of
nursing service. Health education of return patient preparation must be recommended by
hospital to implement for all patient both inpatient and outpatient, so it can improve patient
satisfaction and nursing service quality.