UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Retail banking sebagai strategi alternatif bagi bank BNI

Jeffry A.M. Dendeng; Heru Soetojo, supervisor ([Publisher not identified] , 1996)

 Abstrak

ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup tinggi pada tahun-tahun
terakhir ini telah memberikan dampak yang positif bagi pendapatan
masyarakat pada umumnya. Seiring dengan meningkatnya pendapatan
masyarakat, meningkat pula kesadaran untuk melakukan transaksi keuangan
dengan bank. Disamping itu deregulasi di sektor perbankan yang bertujuan
menciptakan kehidupan perbankan yang sehat dan dinamis, telah ikut pula
mendorong masyarakat untuk memanfaatkan jasa perbankan. Di sisi lain,
instrumen-instrumen keuangan juga bertumbuh dengan pesat mengarah ke
globalisasi dan hal ini telah membuka kesempatan bagi perusahaan-
perusahaan skala besar untuk mencapai akses pembiayaan tidak saja dari
sektor perbankan tetapi dari berbagal sumber lain baik di dalam maupun di
luar negeri. Fenomena-fenomena ini telah mendorong perubahan pasar
perbankan ke arah retail banking.
PT. Bank Negara Indonesia (persero) atau yang dikenal dengan sebutan
Bank BNI melihat perubahan ini sebagai suatu peluang dan perlu segera
diantisipasi. Langkah yang dilakukan oleh Bank BNI adalah menempatkan
retail banking sebagai target sasaran jangka panjang Bank BNI disamping
mempertahankan keunggulan di corporate banking.
Mengembangkan blsnis retail banking bagi Bank BNI bukanlah
merupakan piihan yang mudah untuk dilakukan karena selain Bank BNI
dikenal sebagai suatu bank yang selama ini lebih banyak beroperasi di pasar
corporate banking juga persaingan di pasar retail banking itu sendiri sangat
ketat baik dari bank-bank yang selama ini telah menggarap bisnis tersebut
maupun bank-bank lain yang juga akan mulai memasukinya. Untuk
mengantisipasi kondisi tersebut diperlukan adanya suatu strategi atau kiat-
kiat tersendiri yang perlu diciptakan dan dilaksanakan agar sasaran yang
ditetapkan dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
Dalam rangka mencari strategi yang tepat diperlukan analisa
mengenai lingkungan eksternal maupun internal yang mempunyai
keterkaitan langsung dengan pengembangan retail banking di Bank BNI
Lingkungan eksternal Bank BNI selain lingkungan jauh atau remote
environment juga lingkungan industri atau industry enviroenment.
Analisa atas lingkungan ekstemal lebih ditekankan pada Iingkungan
industri yaitu industri perbankan, karena perubahan sedikit saja pada
industri perbankan mempunyal dampak yang besar bagi operasional Bank
BNI Hasil analisa industri perbankan menunjukkan adanya pergeseran
peran dari kelompok bank persero ke kelompok bank umum swasta nasional
khususnya dalam penghimpunan dana maupun penyalurannya dalam
bentuk kredit. Pergeseran tersebut tidak terlepas dan meningkatnya kualitas
pelayanan yang diberikan, pemanfaatan sarana promosi dan iklan secara
efektif serta pemanfaatan teknologi perbankan modern di era globalisasi.
Situasi ¡ni apabila tidak dianusipasi dapat merupakan ancaman bagi Bank
BNI khususnya dalam mengembangkan bisnis retail banking.
Analisa faktor-faktor internal Bank BNI ditekankan pada dua hal pokok
yang dibutuhkan dalam pengembangan retail banking yaitu kualitas
pelayanan dan kualitas produk. Hasil analisa kualitas pelayanan Bank BM
menunjukkan adanya beberapa hal yang perlu ditingkatkan khususnya pada
perbaikan beberapa elemen sistem dan prosedur, penìngkatan kualitas
sumber daya manusia, dukungan dan struktur organisasi serta sistem
delivery yang kesemuanya diarahkan untuk menciptakan konsistensi
pelayanan kepada nasabah.
Analisa mengenai kualitas produk dibatasi pada produk-produk
penghimpunan dana yang menunjang pengembangan retail banking yaitu
tabungan, kartu ATM dan deposito. Hasil analisa mengenal kualitas produk
menunjukkan perlunya upaya mengurangi pembebanan biaya kepada
nasabah khususnya produk kartu mahasiswa serta melakukan integrasi atas
keanekaragaman produk yang ada, sehingga dapat lebih bermanfaat dan
memudahkan bagi nasabah dalam melakukan transaksi.

 File Digital: 1

Shelf
 T1335-Jeffry A M Dendeng.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 119 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-413771606 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20438615
Cover