Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Colloid and methylprednisolone therapy as alternative management of DHF

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Progresivitas infeksi dengue terjadi melalui tiga fase yaitu fase aferen, eferen dan efektor. Pada mfeksi demam berdarah dengue terjadi kebocoran endothelial cells, perubahan kadar sitokin proinflamantori serf a mediator lain diikuti oleh perpindahan plasma dan berpotensi menjadi syok dengue. Manifestasi klinis menonjol adalah demam d1serta1 perdarahan.
Tujuan penelitian adalah membuktikan pengaruh pemberian koloid dan metilprednisolon untuk menghambat kebocoran endothelial cells melalui perubahan kadar IL-1 {3 dan TNFa serta PLA2. Penelitian ini dilakukan melibatkan 36 pendenta DBD yang dlfawat di Divisi Penyakif Tropik lnfeksi, Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Umvers1tas Airlangga - RSU Dr. Soetomo Surabaya dan 36 kontrol orang sehaf. Metode penelitian sampel darah diperiksa kadar s1tokin (IL-1{3,TN Fa, PLA-2) dengan metode ELISA. Metilprednisolon dosis 2 kali 125 mg dan koloid (BM 40 kDa) 500cc per han. selama 3 hari diberikan pada penderita yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian terjadi perubahan suhu tubuh ke arah normal karena terjadi perubahan kadar IL 1 {3, TN Fa, dan PLA2 setelah pemberian koloid dan melllpredmsolon. Kesimpulan.
pemberian koloid dan metilprednisolon efektif mempercepat penurunan suhu, penurunan kadar IL-1 {3. TN Fa, mencegah dan mempercepat penutupan endothelial cells serta perpindahan plasma pada penderita terinfeksi virus dengue

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 610 BULHSR 13:3 (2010)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 14102935
Majalah/Jurnal : Buletin penelitian sistem kesehatan 13(3) Juli 2010. Hal. 257-263
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
610 BULHSR 13:3 (2010) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20439158
Cover