UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Rawat Inap RS Haji Jakarta Tahun 2011 = Factors Related to Nurse Performance Executing on Hajj Jakarta Hospital Inpatient Year 2011 / Arina Purnawati

Arina Purnawati; ([Publisher not identified] , 2011)

 Abstrak

Rumah sakit menghadapi persaingan dalam memberikan pelayanan yang bermutu
dalam mempertahankan kepercayaan customer. Salah satu pelayanan potensial
yang menggambarkan citra pelayanan rumah sakit adalah pelayanan rawat inap
yang diberikan oleh tenaga perawat profesional dengan memberikan asuhan
keperawatan selama 24 jam dengan pasien. Hasil survey persepsi pasien terhadap
asuhan keperawatan periode Juli-Desember tahun 2010 di rawat inap RS Haji
menunjukkan angka persentase sebesar 68,8% di mana hasil tersebut belum
mencapai target yang telah ditentukan oleh Bagian Keperawatan. Asuhan
keperawatan merupakan bentuk kinerja tenaga perawat.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan
kinerja perawat pelaksana di rawat inap RS Haji Jakarta tahun 2011. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan disain cross sectional
menggunakan Uji t dan Uji korelasi regresi. Pengambilan sampel penelitian
dengan metode simple random sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan
adalah 98 responden perawat rawat inap RS Haji Jakarta dengan pengambilan
data primer menggunakan instrumen kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa lebih banyak responden yang
memiliki kinerja yang baik (67,3%). Didapatkan pula bahwa variabel gaya
kepemimpinan (kepemimpinan direktif, kepemimpinan suportif, kepemimpinan
partisipatif), disain pekerjaan, dan motivasi memiliki perbedaan yang signifikan
dengan kinerja dengan p value <0,05. Sedangkan, variabel karakteristik individu,
sumber daya, dan insentif tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan
kinerja.
Saran dari penelitian ini antara lain mengembangkan instrumen penilaian kinerja
perawat dengan melibatkan rekan kerja (peer group) dalam tim serta masukan dan
harapan dari pasien/customer, lebih memperhatikan masukan dari aspek pasien
dalam perbaikan kinerja, melakukan follow up setiap program pelatihan yang
diberikan kepada kepala ruangan, mengkaji kembali kebijakan internal mengenai
insentif, mengembangkan insentif positif dan negatif berupa reward dan
punishment yang bersifat non finansial, mendisain kembali pekerjaan dengan
pengembangan dan pengkayaan SOP dan Uraian tugas serta pengkajian kembali
beban kerja, dan berkomitmen tinggi untuk pengembangan karir perawat dalam
jangka panjang.

Hospitals face competition in providing quality services to maintain customer
confidence. One of the potential services that describes the image of hospital
services are inpatient services provided by professional nurses to provide nursing
care for 24 hours with the patient. The survey results of patient satisfaction,
nursing care period July to December of 2010 in hospital inpatient Hajj shows the
percentage rate of 68.8% in which the results are yet to reach the target set by the
Nursing Section. Nursing care is a form of performance of nurses.
The purpose of this study was to determine the factors associated with the
performance of nurses in hospital inpatient Hajj Jakarta in 2011. The research
method is quantitative method with cross sectional design using t tests and
regression correlation test. The sampling method is simple random sampling with
the number of samples is 98 respondents who obtained inpatient hospital nurses
Hajj Jakarta with primary data collection using a questionnaire instrument.
Based on the results, more respondents have a good performance (67.3%). It was
found also that the variables of leadership style (directive leadership, supportive
leadership, participative leadership), work design, and motivation have a
significant difference in performance with a p value <0.05. Meanwhile, individual
characteristics variables, resources, and incentives have no significant difference
in performance.
Advice from this research include developing performance appraisal instruments
of nurses by involving peers (peer group) in the team as well as suggestions and
expectations of patients / customers; more attention to suggestions from the aspect
of patient in performance improvement; follow up on any training program
provided to the head room; reviewing internal policies regarding incentives;
develop a positive and negative incentives in the form of reward and punishment
that are non financial; re-work design with the development and enrichment SOPs,
job descriptions, and review of work load; and highly committed to career
development of nurses in long-term.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf ArinaPurnawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 146 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440140
Cover