ABSTRAKSebagai perluasan usaha dari Toko Dewi Motor yang menjual berbagai jenis
suku cadang, aksesori dan reparasi mobil, Bengkel Bubut DM menyediakan berbagai
jasa pembubutan mesin (terutama mobil) dan pembuatan produk-produk yang
membutuhkan proses pembubutan mesin. Pemilik perusahaan perorangan ini adalah
Amansyah Gunoyadi yang memiliki experience dan expertise di bidang otomotif
selama ± 35 tahun, akan mendampingi Hinne anak kandungnya sebagai penasihat,
dalam mengelola dan memimpin Bengkel Bubut DM. Brand name, brand awareness
dan customer loyalty yang tinggi, serta experience dan expertise di bidang otomotif
yang dimiliki oleh Toko Dewi Motor selama 15 tahun akan berdampak pada
timbulnya customer preference terhadap Bengkel Bubut DM. Bengkel Bubut DM
alcan berada di lokasi yang sama dengan Toko Dewi Motor, yaitu di JI. Jend.
Sudirrnan No. 14 Bekasi.
Agar dapat mendesain rencana pemasaran yang efisien dan efektif, Hinne
melakukan riset pasar yang terdiri dari analisa industri (untuk mengetahui seberapa
besar market opportunity) dan analisa segmenting-targeting-positioning (agar dapat
menentukan bagaimana cara menjangkau konsumennya, mengetahui produk apa yang
dibutuhkan, berapa harga yang Iayak dibebankan, serta bagaimana mempertahankan
pasar tersebut dari serangan para pesaing dengan menggunakan kuesioner sebagai
tools, pada 50 orang responden berdomisili di ibukota Kabupaten Bekasi yang pernah
menggunakan jasa bengkel bubut di wilayah ibukota Kabupaten Bekasi. Strategi
niche pada satu wilayah geografi yaitu ibukota Kabupaten Bekasi akan membidik
seluruh pelanggan Toko Dewi Motor terutama PN dan PS dengan mobil pribadi
maupun dinas, wirausahawan/wati, dan para teknisi mobil di berbagai bengkel mobil;
yang diperkirakan akan memberi kontribusi sebesar 75% dan total revenue.
Saat ini terdapat 4 buah bengkel bubut di ibukota Kabupaten Bekasì yang
menyediakan jasa dan produk seperti Bengkel Bubut DM. Tiga diantaranya berskala
besar (Bengkel Bubut: Bambu Kuning, Bekasi Jaya dan Mari) lebih berorientasi pada
industri sebagai target market-nya, sehingga jasa pembubutan mesin (mobil) hanya
sebagai pelengkap saja. Dengan demikian Bengkel Bubut DM hanya menghadapi
pesaing utama, yaitu Bengkel Bubut Karya Baru.
Hal-hal yang membedakan Bengkel Bubut DM dan para pesaingnya yang
merupakan strategi bersaing dan Bengkel Bubut DM yaitu:
1. Nilai Iebih (value added). Selain dapat melakukan oné stop shopping, melalui
konsultasi di hidang otomotif Bengkel Bubut DM dapat membantu konsumen
menemukan solusi terbaik bagi permasalahan yang dihadapi path kendaraan
bermotor (mobd) yang mereka miliki.
2. Pemberitahuan waktu penyelesaìan ?pesanan? kepada pelanggan via telepon atau
pun fax bahwa ?pesanan? mereka sudah selesai lebjh awal, mengalami
keteriambatan, dan waktu penyelesaiannya.
3. Lokasi strategis yang dirnilikj dimana Bengkel Bubut DM terletak di jalan utama
sehingga mudah dicapai dan tidak rawan kemacetan.
4, Waktu penyelesaian ?pesanan? konsumen dapat relatif Iebih cepat dan bengkel
bubut lain karena apabila ada suku cadang yang perlu diganti dalam penyelesaian
?pesanan? konsumen tersebut, maka suku cadang tersebut dapat Iangsung
diperoleh dan Toko Dewi Motor
TYPE OF BUSINESS
Bengkel Bubut DM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa
pembubutan mesin (mesin) dan pembuatan produk-produk yang membutuhkan proses
pembubutan mesin.
COMPANY/BUSINESS SUMMARY
Bengkel Bubut DM yang merupakan perusahaan perorangan akan didinikan,
dikelola dan dipimpin oleh Hinne. Bengkel Bubut DM akan menyediakan berbagai
jasa pembubutan mesin (terutama mobil) dan pembuatan produk yang membutuhkan
proses pembubutan mesin.
FINANCIAL OBJECTIVES
Financial plan dan analysis dan business plan ini menjabarkan proyeksi dari
hasi operasi perusahaan, posisi finansial, cash budgets, penilaian investasi dan break
even point.
MANAGEMENT OVERVIEW
Lulus dari Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Tarumanagara tahun
1998 dengan predikat ?sangat memuaskan?, Hinne melanjutkan studinya pada
program Magister Manajemen Universitas Indonesia dengan konsentrasi Manajemen
internasional sebagai bekal untuk mengelola bisnis keluarganya.
SERVICE OFFERING
Bengkel Bubut DM memberikan berbagai jasa pembubutan mesin (mobil)
yang disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan oleh para pelanggannya.
FUNDS REQUESTED
Dana yang dibutuhkan untuk start-up capital adalah sebesar Rp.
760.000.000,- yang berasal dari Amansyah Gunoyadi, pemilik Toko Dewi Motor
dan Bengkel Bubut DM.
USE OF PROCEEDS
Start-up capital tersebut sebagian besar digunakan untuk pembelian mesin
mesiri (59.21%) dan one-time costs Iainnya. Selain itu dapat menutup monthly
expenses selama 3 buÍan pertama beroperasinya Bengkel Bubut DM.