Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Prediksi kehadiran menggunakan metode klasifikasi naive bayes, one-r, decision tree / Bahrawi As'ad

As`ad, Bahrawi; (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 2016)

 Abstrak

Proses mencari pola atau informasi yang berguna pada suatu kumpulan data dengan menggunakan metode tertentu, saat ini telah menjadi topik yang menarik. Salah satu manfaatnya yaitu dapat menunjang pengambilan keputusan dalam suatu organisasi baik itu organisasi profit maupun non profit. Pada makalah ini akan dilakukan pengujian terhadap sekumpulan data yang diambil dari kejadian nyata untuk diolah, guna mendapatkan informasi atau pola yang dapat berguna untuk penentuan pengambilan sebuah keputusan. Pengujian pada makalah ini merupakan prediksi terhadap pengguna jasa sebuah operator seluler akan kehadirannya pada suatu acara berdasarkanbeberapa indicator, cuaca, jarak relative terhadap lokasi acara, serta apakah pengguna jasa tersebut merupakan termasuk pelanggan pasca bayar atau tidak. Pengujian dilakukan dengan menggunakan tiga metode klasifikasi, yakni naïve bayes, decision tree, dan oneR. Hasil dari percobaan ini bisa menunjukkan prediksi dari setiap percobaan dengan tingkat akurasi prediksi yang berbeda-beda disetiap metode yang digunakan.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 384 JPKOP 20:1 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19782462
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik
Volume : Vol. 20, No. 1, Juni 2016: Hal. 1-10
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacerrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
384 JPKOP 20:1 (2016) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440600
Cover