UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Direct marketing sebagai salah satu alternatif optimalisasi penjualan pada PT. Garuda Indonesia

Shidiki Iribian; Otje Soetoto, supervisor ([Publisher not identified] , 1996)

 Abstrak

ABSTRAK
Sejalan dengan perkembangan pesat teknologi informasi dunia saat ini,
telah memberi dampak terhadap semakin meningkatnya transaksi-transaksi
penjualan yang dilakukan melalui kegiatan bisnis direct marketing. Bisnis ini
telah dikembangkan oleh berbagai jenis industri sebagai suatu strategi untuk
melakukan pemasaran yang terintegrasi. Dengan mengkombinasikan beberapa
aktifitas pemasaran dan aktivitas penjualan, serta penggunaan teknologi
informasi sebagai sarana untuk memasarkan secara langsung produk/jasa yang
dihasilkan perusahaan maka suatu umpan balik berupa respon langsung dapat
dengan mudah diperoleh sehingga efektifitas kegiatan pemasaran yang
dilakukan dapat dengan mudah pula untuk diukur. Manfaat lain yang dapat
diperoleh perusahaan dengan menerapkan program ini adalah sebagai alat
untuk berkomunikasi langsung antara perusahaan dengan para pelanggannya
tanpa adanya hambatan?hambatan geografis yang berarti.

Berdasarkan analisis internal dan eksternal yang dilakukan terhadap
PT. Garuda Tridonesia diperoleh gambaran bahwa adanya peluang yang besar
bagi Garuda untuk mengembangkan bisnis direct marketing ini dengan rnelihat
kepada potensi sumber daya dan fasilitas sistem perusahaan yang dimiliki saat
ini. Sedangkan dari analisa permasalahan dan temuan serta rancangan
penerapan direct marketing pada PT. Garuda Indonesia diperoleh kesimpulan
bahwa adanya ketergantungan yang tinggi pada harga dan agen sebagai metode distribusi yang utama, sementara lemahnya pengawasan khusus kepada para agen karena umumnya agen bertindak bukan hanya pada satu perusahaan akan tetapi atas nama sejumlah besar perusahaan penerbangan. Kondisi ¡ni akan dapat menyebabkan lemahnya daya saing Garuda terutama
dalam memasuki era pasar bebas (open sky) nanti. OIeh karena itu dengan
strategi direct marketing yang tepat dan didukung oleh penawaran produk
produk pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan-pelanggan potensial
Garuda, maka perusahaan sekaligus akan dapat mengurangi tingkat
ketergantungan yang tinggi pada harga sebagai satu-satunya alat bersaing dan
mampu menekan besarnva komisi agen dan pembebanan ASPE (Additional Sale?s
Promotion Expense) di luar komisi yang cukup tinggi bagi Garuda (rata-rata 20%
dan target pendapatan pertahun).

Perkembangan direct marketing dalam dunia penerbangan diawali
dengan pengembangan program loyalitas pelanggan melalui frequent flyer
program sebagai suatu cara-cara yang menyeluruh dan berfokus kepada
pelanggan. Frequent flyer program ini kemudian dapat menjadì alat untuk
mengembangkan database marketing perusahaan. Oleh karena itu efektifitas
program direct marketing yang dibentuk perusahaan sangat dipengaruhi oleh
kualitas dan kapasitas database marketing yang hanya dimungkinkan melaIui
implementasi frequent flyer program pada Garuda, sehingga dapat disimpulkan
bahwa adanya satu rantaian nilai (value chain) antara frequent flyer program, database marketing dan direct marketing yang saling menunjang dan melengkapi.
Bentuk pelaksanaan program penerapan direct marketing pada
PT. Garuda Indonesia dapat dilakukan melalui cara kontrak dengan direct
marketing company selama beberapa tahun, sementara Garuda dalam hal ini
melaksanakan fungsi manajemen perencanaan dan pengawasan yang akan
dilakukan oleh Dinas Marketing Planning and Development. Sedangkan dalam
pengorganisasian kegiatan direct marketing dapat dilakukan oleh bagian/ unit
tersendiri yang setingkat dengan bagian promosi.

Pembentukan database marketing yang merupakan kunci kesuksesan
kegiatan direct marketing dapat dilakukan dengan cara:

Dibangun dan dihasilkan oleh Garuda sendiri melalui data-data
pelanggan Frequent Flyer Bonus Program.

Diperoleh dan pihak luar seperti : List Brokerage, program Cross
Participation.

Berbagai media yang dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam
melakukan penawaran produk-produk perusahaan melalui program direct
marketing, adalah : Direct mail, Telemarketing, Newsletter, Advertising/infomercial,
dan Internet.

 File Digital: 1

Shelf
 T3256-Shidiki Iribian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 127 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20440703
Cover