Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Inner voice dan self-esteem

by Mellia Christia (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai inner voice dalam kaitannya dengan psikopatologi, terutama fenomena bunuh diri. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan 2 instrumen pengukuran yang mengukur inner voice dan self-esteem. Jumlah subyek 196 orang dengan rentang usia 18-23 tahun yang semuanya merupakan mahasiwa program S1-Reguler Fakultas Psikologi UI. Setelah semua data diperoleh dilakukan uji homogenitas item dan dilanjutkan dengan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara inner voice dan self-esteem dan tidak ada perbedaan antara mahasiswa wanita dan pria dalam inner voice dan self-esteem Secara keseluruhan, pada subyek penelitian ditemukan bahwa tingkatan inner voice yang dimiliki oleh subyek adalah pada tingkatan pemikiran yang merendahkan self-esteem. Pada pengukuran self-esteem dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian memiliki tingkat self-esteem yang cukup tinggi, meskipun masih ada yang memiliki self-esteem yang lebih rendah daripada yang lainnya.

This study had been done to comprehend inner voice phenomena in psychopathology, especially suicide ideation in normal people. Using quantitative method, inner voice and self-esteem instruments have been developed and given to 196 students Faculty of Psychology Universitas Indonesia.
The results showed that there is significant correlation between inner voice and self esteem and no sex differences in inner voice and self esteem between participants. In general, subjects inner voice state is in underestimate self-esteem, despite most of the subjects have high self-esteem.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : AJ-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
ISSN : 24069183
Majalah/Jurnal : Makara Hubs-Asia
Volume : Vol. 11, No. 1, Juni 2007: Hal. : 37-41
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Akses Elektronik : http://hubsasia.ui.ac.id/index.php/hubsasia/article/view/66
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
AJ-Pdf 03-20-594230617 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20441815
Cover