UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi bersaing dalam bisnis perhotelan : studi kasus pendirian hotel ABC oleh PT X di kota Bandung

Irawan Satrio Leksono; Martani Huseini, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
PT X merencanakan untuk mengadakan sebuah bentuk investasi hotel di lokasi yang
sama dengan suatu obyek yang sudah dimiliki oleh perusahaan, yang bertempat di
kota Bandung bagian utara. Obyek yang sudah ada tersebut berbentuk sebuah
gedung Serba Guna (yang dalam Karya Akhir ini disebut sebagai SG) yang
didalamnya terdiri dari fasilitas olah raga dan kebugaran, fasilitas ruangan untuk
disewakan, fasilitas hiburan, sebuah restoran, bar dan salon. Fasilitas tersebut
nantìnya akan digabung dengan hotel yang akan dibangun (dalam Karya Akhir ini
disebut sebagai ABC), dengan harapan dapat bersinergi untuk memberikan revenue
yang menguntungkan bagi perusahaan.
Mengingat pasar industri hotel yang demikian menarik karena perkembangan
ekonomi dan pariwisata Indonesia pada umumnya, tentu akan banyak investor yang
akan menjadi pesaing potensial bagi PT X. Untuk mengantisipasi hal tersebut PT X
harus menyiapkan sebentuk strategi bersaing yang nantinya dapat digunakan oleh
ABC sehingga kemampulabaan dapat tercapai untuk masa sekarang maupun masa
yang akan datang.
Sebelum melangkah lebih jauh, dilakukan analisis terhadap lokasi dan karakteristik
dan pada tempat dimana ABC akan didirikan, dan melalui pertimbangan
keunggulan serta kelemahan lokasi tersebut maka diusulkan sebuah konsep untuk
ABC berbentuk resort hotel.
Dengan menganalisis market attractiveness, dimana dapat digunakan ALU (Analisis
Lingkungan Usaha), baik dengan pertimbangan Iingkungan terjauh. industri
maupun operasi daya tarik pasar sebenarnya untuk industri perhotelan dapat
diketahui, yang ternyata memang menarik untuk dimasuki karena lingkungan
yang ada mayoritas mendukung, walaupun ada diantaranya yang juga merupakan
ancaman.
Selanjutnya pada analisis competitive position dilakukan pemetaan competitive setting
industri hotel di Bandung, yang memberikan informasi penting mengenai figur
pesaing-pesaing yang ada serta posisi masing-masing pesaing dalam industri
tersebut. Dari sini juga didapatkan suatu informasi yang dapat dijadikan dasar untuk
mengadakan analisis keuangan (bagian bawah) dan inforrnasi untuk melakukan
pemetaan posisi ABC pada saat mulai beroperasi pada tahun 2000 yang ternyata
masih berada di question mark, tetapi dengari suatu competitive position yang kuat.
Pada analisis keuangan, proyek ABC ini memberikan NPV positif dengan IRR
sebesar 15 persen (dalam US$) serta periode pengembalian selama 9,6 tahun.
Langkah selanjutnya adalah analisis competitive advantage, disini dapat digunakan
analisis value chain, dan karena ABC belum berbentuk nyata maka hasil analisis pada
bagian ini lebih berbentuk sebuah anjuran agar ABC kelak dapat bersaing.
Anjurannya adalah bahwa ABC harus mempunyai keunggulan kompetitif pada
aktivitas utamanya di bagian operasional dan bagian pengembangan sumber daya
manusia untuk aktivitas pendukungnya.

 File Digital: 1

Shelf
 T4052-Irawan Satrio Leksono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 157 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20442178
Cover