UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Aplikasi expert systems di perbankan suatu prototipe untuk analisa permohonan kredit

Ferdy Budiman Madian; Wahjudi Prakarsa Benjamin, examiner; Ronny K. Hermajanto Moentoro, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991)

 Abstrak

Expert Systems. sebagai cabang Artificial Intelligence, dikembangkan untuk mensimulasikan proses pengambilan keputusan seorang pakar dalam suatu bidang tertentu. Telah banyak Expert Systems yang dikembangkan di bidang kedokteran, rekayasa dan lain-lainnya, tetapi rnasih sangat sedikit Expert Sys tems yang dikembangkan dalam dunia usaha. Alasan utamanya adalah do main permasalahannya yang kompleks sehingga sulit dibuat simulasinya. Di Indonesia, sampai saat ini, tidak ada satu pun perusahaan yang menggunakan Expert Systems untuk kegiatan operasiona!.
Karya akhir ini mencoba untuk membuat suatu prototipe Expert Systems untuk mensimulasikan proses pengambilan keputusan dalam analisa permohonan kredit investasi. Perangkat pengembangan Expert Systems yang digunakan adalah PC Plus dan Texas Instruments Inc., dengan perangkat keras IBM PS/2.
Kesulitan utama yang dihadapi ketika membuat prototipe ini adalah pada tahap knowledge acquisition, Walau pun telah dibantu sepenuhnya oleh sang pakar, tetapi karena proses pengambilan keputusan yang dilakukannya daam menganallsa suatu permohonan kredit, tidak terstruktur dan tidak baku, maka proses ini sulit untuk didokumentasikan. Knowledge engineering skill yang cukup, serta perangkat pengembangan Ex pert Systems yang baik, akan memudahkan pengembangan suatu Expert System.

 File Digital: 1

Shelf
 T4097-Ferdy Budiman Madian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 69 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20442215
Cover