UI - Tesis (Membership) :: Kembali

UI - Tesis (Membership) :: Kembali

Optimasi struktur kapital dalam menekan beban pajak pada PT. YX

Hary Mulyanto; L.V. Helenawati W.; Sofjan Assauri, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991)
 Abstrak
Struktur kapital dalam bidang keuangan merupakan suatu hndasan untuk menentukan nilai perusahaan, yang sekaligus pula sebagai landasan bagi operasi perusahaan. Sampai sejauh ini penentuan struktur kapital yang tepat masih sulit dilakukan karena terdapat faktor risiko usaha yang berbeda pada masing-masing industri disamping faktor inheren seperti tingkat bunga, harapan pemegang saham dan pajak.
Topik pajak seringkali menjadi hangat apabila memberikan keadaan yang kurang menguntungkan dari sisi pelaku usaha. Dalam konteks usaha, pajak dipandang sebagai biaya yang harus dibayar kepada pemerintah berkenaan dengan penggunaan secara langsung maupun tidak langsung atas infrastruktur yang tersedia. Besarnya beban pajak yang tidak terduga kadangkala dianggap sehagai pengganggu kegiatan perusahaan dimana hal ini sesungguhnya merupakan dampak dari kekeliruan kebijakan hutang yang diterapkan. Keadaan serupa ini banyak dialami oleh perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang sering menggunakan hutang dari luar negeni dengan mata uang asing.
PT. YX sebagai salah satu perusahaan PMA yang bergerak dalam industri kendaraan bermotor roda dua tidak luput dari rnasalah serupa, sehingga pernah mengalami gangguan dalam operasi perusahaan dan sekaligus mengakibatkan turunnya nilai perusahaan.
Kekeliruan kebijakan hutang yang menyebabkan gangguan operasi perusahaan, tujuannya nilai perusahaan dan beban pajak yang tinggĂ­ tersebut sesungguhnya dapat dihindari dengan memaharni ketentuan pajak yang berlaku dan menuangkannya dalam formula sehingga diperoleh tarif pajak efektif yang tepat. Penyusunan formula ini diawall dan rumus penentuan beban bunga rill atas pinjaman luar negeri dengan mata uang asing yang selanjutnya dimodifikasi dengan memasukkan ketentuan perpajakan Indonesia untuk mendapatkan tarif pajak efekif. Dengan demikian tarif pajak efektif ini telah mencakup biaya yang tidak diperkenankan oleh ketentuan pajak Indonesia sehingga dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan penyesuaian lagi.
Melalui penerapan tarif pajak efektif tersebut dalam penentuan struktur kapital perusahaan maka akan dapat mengurangi salah satu faktor inheren yang sering mengganggu dalam penentuan struktur kapital yang optimal. Selain itu beban pajak yang kadangkala tidak terduga besarnya akan dapat ditekan dan Iebih mudah dikendalikan. Disamping hal tersebut, tax shield yang timbul akan lebih mudah diarahkan untuk membenkan efek ungkit yang optimum terhadap nilai perusahaan dimana pada akhirnya akan memperbesar kesejahteraan para pemegang saham.
PT. YX yang digunakan sebagai model dalam aplikasi formula menunjukkan bahwa struktur kapital yang sesuai bagi perusahaan tersebut adalah berkisar 0,86. Pada tingkat struktur kapital ini, beban pajak dapat ditekan senilai Pp 483.544.268,- dan nilai perusahaan dapat ditingkatkan sebesar Rp 1.353.553.704,. Tujuan akhir dalam bidang keuangan agar dapat rneningkatkan kesejahteraan para pemegang saham dapat pula dicapai yaltu dengan adanya kenaikan price per share sebesar Rp 1.800,-. Harapan para pemegang saham berupa tingginya tingkat pengembalian yang dilambangkan dengan cost of equity, dapat pula dipenuhi yaitu dengan naiknya cost of equity dan 21% menjadi 26%.
 File Digital: 2
Shelf
 T4184-Hary Mulyanto & Lv Helenawati W.pdf ::
 T4184-Hary Mulyanto & Lv Helenawati W.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Kata Kunci
 Metadata
No. Panggil : T-Pdf
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 103 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi : Pages 104-106
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-93136447 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20442532