In the competitive era of retailing, retailers need to understand the importance of store format preferences.
The study aimed to understand consumer store loyalty; in-depth interview was conducted to
examine consumer store loyalty antecedents for two retail formats: specialty stores and multi brand
stores. The study conceptualizes store loyalty factors like program loyalty, trust and brand commitment.
Trust and brand commitment act as mediating factors between store image and store loyalty
formats, and also between brand image and store loyalty formats. The findings highlight how consumer
store loyalty preference differ for these two formats.
Dalam era kompetisi dalam sektor ritel dewasa ini, para peritel perlu memahami pentingnya preferensi
format toko konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas toko konsumen.
Untuk menjawab tujuan tersebut, para peneliti melaksanakan wawancara mendalam untuk mengeksplorasi
faktor yang mempengaruhi loyalitas toko konsumen dari dua jenis format toko ritel, yaitu
specialty store dan multibrand store. Penelitian ini mengkonseptualisasikan faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas toko seperti loyalitas program, kepercayaan dan komitmen merek. Kepercayaan
dan komitmen merek berfungsi sebagai faktor yang memediasi hubungan antara citra toko dan loyalitas
terhadap toko. Selain itu, kepercayaan dan komitmen merek juga memediasi hubungan antara
citra merek dengan loyalitas terhadap toko. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen
memiliki perbedaan preferensi loyalitas terhadap dua jenis toko yang diteliti (specialty store dan
multibrand store).