Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Anxiety, sadness, and emotion specificity: the role of music in consumer emotion and advertisement. / Felix Septianto

Felix Septianto; (Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2013)

 Abstrak

Although music could diversely influence consumer judgment process and behavior, it is still
unclear whether music can evoke discrete emotions on consumers and influence consumer evaluation
toward certain advertisements. This research proposes that music could evoke sad and anxious
emotion on consumers; subsequently, consumers would regulate their negative emotions in accordance
to their emotion orientations: Consumers who feel sad would show high evaluation toward
happy-themed advertisement, while consumers who feel anxious would show high evaluation toward
calm-themed advertisement. This paper concludes with the discussion of theoretical and practical
implications and conclusion of this study.
Meskipun musik dapat memberikan pengaruh yang berbeda terhadap proses penilaian dan perilaku
konsumen, masih perlu adanya studi yang mempelajari apakah musik dapat membangkitkan emosi
diskrit pada konsumen dan mempengaruhi evaluasi konsumen terhadap iklan tertentu. Penelitian ini
mengusulkan bahwa musik dapat membangkitkan emosi sedih dan cemas pada konsumen; kemudian,
konsumen akan mengatur emosi negatif mereka sesuai dengan orientasi emosi mereka: Konsumen
yang merasa sedih akan menunjukkan evaluasi tinggi terhadap iklan yang memiliki tema menyenangkan,
sedangkan konsumen yang merasa cemas akan menunjukkan evaluasi tinggi terhadap iklan yang
memiliki tema tenang. Artikel hasil penelitian ini juga membahas implikasi dan kesimpulan dari
penelitian ini secara teoritis dan praktis.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : pdf
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2013
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 23562242
Majalah/Jurnal : ASEAN Marketing Journal
Volume : Vol 5, No. 2, Desember 2013: Hal: 83-92
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Akses Elektronik : http://journal.ui.ac.id/index.php/amj/article/view/3057
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20443383
Cover