Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Marketing collaboration and sme strategy implementation in blora, indonesia. / Kesi Widjajanti

Kesi Widjajanti; (Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2015)

 Abstrak

The collaboration between small and medium enterprises (SMEs) and large enterprises (LEs) have been widely researched. Previous research on collaborative marketing strategy has been developed, but the contribution of these strategies for SMEs is still unclear. This research focuses on “marketing collaboration”to clarify the role of collaboration, based on the discussion of the findings that emerged from the qualitative study of SMEs. This is related to the characteristics of creative industries which mostly consist of SMEs with limited knowledge and skills to enter in the field of marketing. To expand the business SMEs is very difficult if done alone. To accelerate the development of its business, SMEs need to collaborate with an LEs which has a marketing network. Marketing collaboration between SMEs and LEs to be one effective way to develop business, as both sides can increase profitability. While LEs can improve technological innovation other hand, SMEs receive various benefits such as access to technology and access to new markets.
Kolaborasi antara perusahaan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan perusahaan besar telah banyak diteliti. Penelitian
terdahulu tentang strategi kolaborasi pemasaran telah dikembangkan, namun kontribusi strategi tersebut bagi UKM
masih belum jelas. Penelitian ini berfokus pada kolaborasi pemasaran, untuk mengklarifikasi peran dari kolaborasi berdasarkan
pembahasan temuan yang muncul dari penelitian kualitatif UKM. Hal ini terkait dengan karakteristik industri
kreatif yang sebagian besar terdiri dari UKM dengan pengetahuan dan keterampilan yang terbatas di bidang marketing.
Untuk memperluas bisnis UKM sangat sulit jika dilakukan sendiri. Untuk mempercepat pengembangan usahanya, UKM
perlu berkolaborasi dengan perusahaan besar yang memiliki jaringan pemasaran. Kolaborasi Pemasaran antara UKM dan
perusahaan besar menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis, karena kedua belah pihak bisa meningkatkan
keuntungannya. Perusahaan-perusahaan besar dapat meningkatkan inovasi teknologi sedangkan di lain pihak UKM menerima berbagai manfaat seperti akses ke teknologi dan akses ke pasar baru.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : pdf
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2015
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
ISSN : 23562242
Majalah/Jurnal : ASEAN Marketing Journal
Volume : Vol. 7, No. 1, Juni 2015: Hal. 28-39
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Akses Elektronik : http://journal.ui.ac.id/index.php/amj/article/view/4482
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20443441
Cover