ABSTRACTPenelitian ini merupakan upaya eksplorasi untuk menyelidiki peran network sebagai faktor penting dalam keberhasilan perusahaan Born Global yang bergerak dibidang IT dalam usahanya untuk masuk ke dunia internasionalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa network bisnis, marketing, keuangan, IT yang dimiliki oleh perusahaan born global selama tiga fase internasionalisasi adalah kunci penting bagi perusahaan born global ntuk melaksanakan bisnis mereka secara global dan menyusun strategi yang baik untuk memasuki negara dan pasar yang baru. Fokus pada tiga kasus bisnis serupa dari perusahaan Born Global di Belanda disediakan untuk dukungan lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan pentingnya network bagi perusahaan born global selama fase awal mereka terbentuk, fase pengembangan untuk masuk ke dunia iternasional, dan fase konsolidasi pertumbuhan internasional.
ABSTRACTThis research is an exploratory attempt to investigate the role of network as a success factor behind the internationalization performance of born global IT firms. The result shows that network business, marketing, financial, IT acquire by the born global firm during the three phases of internationalization does help the born global to implement their business globally as well as compose country strategy and market establishment. A focus on three similar business cases of born global IT firm are provided for further support. This research shows the importance of network acquire by the born global during the pre start up phase, the early international entry development phase, and the international growth consolidation phase.