Skripsi ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pemanfaatan jurnal elektronik oleh mahasiswa S1 di Universitas Indonesia serta mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan dari masing-masing faktor tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dan proses penghitungannya dibantu dengan SPSS 20. Terdapat 9 faktor yang diteliti yaitu : tingkat studi, disiplin ilmu, kewajiban pemakaian, kemampuan komputer, perilaku pencarian informasi, keuntungan relatif, kualitas isi, kemudahan penggunaan, dan fasilitas pendukung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari kesembilan faktor yang diteliti, hanya faktor fasilitas pendukung sajalah yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap frekuensi pemanfaatan jurnal elektronik oleh mahasiswa S1.
Hasil penelitian juga menunjukan bahwa faktor yang memiliki pengaruh signifikan terbesar adalah faktor kewajiban pemakaian. Berdasarkan temuan tersebut, penulis menyarankan perpustakaan perlu berkerjasama dengan dosen/staf pengajar dalam mengenalkan jurnal elektronik kepada mahasiswa S1.
This Thesis describes about factors that influence the frequency of the electronic journals usage by undergraduate students in Universitas Indonesia and to know how much influence given of each of these factors. This research is a quantitative research using questionnaires as a research instrument. This research use analysis logistic regression and the calculations aided by SPSS 20. There are nine factors studied, they are the level of study, discipline, an obligation to use, self efficacy, information seeking behavior, the relative advantage, content, convenient, and the facilities. The results showed that out of the nine factors studied, only factors the facilities alone that does not have a significant effect on the frequency of the electronic journals usage by undergraduate students. The results also showed that the factors that have the biggest influence is an obligations to use. Based on these findings, the authors recommend that the library needs to cooperate with the lecturer faculty in introducing electronic journals to the undergraduate students.