ABSTRAKPenelitian ini berfokus untuk meneliti pengaruh fitur website hedonik dan
utilitarian terhadap kepercayaan dan loyalitas dengan komitmen afektif dan
kalkulatif sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan pengunjung situs online
Traveloka sebagai objek penelitian. Data penelitian ini diolah dengan software
Lisrel 8.51, menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Tujuan
penelitian ini untuk menemukan bahwa fitur hedonik dan utilitarian merupakan
faktor penting yang harus difokuskan dalam menciptakan E-Loyalty terhadap
website. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa fitur hedonik dan utilitarian
berpengaruh signifikan terhadap komitmen afektif. Kemudian, komitmen afektif
mempengaruhi kepercayaan, sehingga dapat tercipta E-Loyalty. Dalam penelitian
ini komitmen kalkulatif tidak mempengaruhi kepercayaan dan E-Loyalty.
ABSTRACTThis study focuses on examining the influence of hedonic and utilitarian features
of the website toward trust and loyalty with affective and calculative commitment
as mediation. This study uses Traveloka online visitors as research objects. This
research data is processed by using Structural Equation Modeling (SEM)
technique with software Lisrel 8.51. The purpose of this study is to find the
hedonic and utilitarian features which are important factors for creating ELoyalty
to the website. The results of this data processing showed that the hedonic
and utilitarian features have significant effect on affective commitment.
Afterwards, affective commitment does affects trust to create E-Loyalty. Whereas,
calculative commitment does not affect the trust and E-Loyalty.