UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis proses bisnis kredit segmen kecil guna meningkatkan pendapatan bank (studi kasus bank ABC) = Analysis on the process of small credit for the purpose of increasing bank's revenue (the case study of bank ABC)

Alif Caesarrano Saifullah; Ratih Dyah Kusumastuti, supervisor; Harahap, Muslim Efendi, examiner; Athor Subroto, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Bank memiliki fungsi sebagai intermediasi yaitu mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit. Manajemen bank telah mengubah proses bisnis kredit segmen kecil dari pemroses kredit terdiri dua officer kredit menjadi satu officer kredit. Perubahan antara dua proses kredit tersebut terjadi berulang kali. Maka dilakukan analisis proses bisnis menggunakan metode flowchart dan service blueprint untuk mengetahui proses bisnis mana yang lebih efektif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa proses kredit saat ini lebih efektif dibandingkan dengan proses kredit sebelumnya. Variabel yang digunakan untuk membandingkan kedua proses bisnis tersebut adalah waktu proses kredit, persentase realisasi baki debet terhadap target dan Non-Performing Loan. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dan hasil wawancara. hasil analisa mengindikasi diperlukan perbaikan bisnis proses saat ini, maka bisa dilakukan usulan perubahan proses bisnis ke depan dengan menggunakan metode BPR Busieness Process Reengineering . Perubahan proses bisnis yaitu pemangkasan alur proses bisnis, reorganisasi dan penyederhanaan formulir analisis kredit. Dengan waktu proses bisnis yang cepat maka penyaluran kredit semakin cepat sehingga bunga yang didapatkan semakin besar dan pendapatan bank meningkat.

Bank functions as the intermediary who collects funds from the public and channels back in the form of credit. The Policy of Bank rsquo s management to reduce the number of credit officers assigned to small segment credit business process from two to one credit officer. Changes between two credit processes occur repeatedly hence an analysis of business process is conducted with flowchart method and service blueprint to determine which business process is more effective. This paper reflects that the current credit process is more effective than the previously ones. Variables used to compare both business processes are processing time for credit realization, percentage of the outstanding balance to the target , and Non Performing Loan. Data is collected through secondary data and interviews. The analysist result indicated need to improvement that can be done, changes could be proposed for future business process using Business Process Reengineering Process. These business process changes are simplification of business process flow, reorganization and shortern credit analysis form. A shorter business process time then credits could be delivered faster thus greater interest could be earned and bank interest could be increased.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Alif Caesarrano Saifullah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 83 pages: illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-075060630 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20445708
Cover