UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Cognitive behavior therapy untuk meningkatkan illness acceptance pasien gagal ginjal kronis dewasa muda = Cognitive behavior therapy to improve illness acceptance for young adult with chronic kidney failure / Risca Dwi Wulandari

Risca Dwi Wulandari; Sali Rahadi Asih, supervisor; Soesmalijah Soewondo, supervisor; Sugiarti, examiner; Fivi Nurwianti, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Gagal ginjal kronis GGK adalah penyakit degeneratif yang tidak dapat disembuhkan dan mengakibatkan perubahan yang besar dalam kehidupan seseorang. Pada dewasa muda yang merupakan tahap perkembangan paling produktif, GGK menyebabkan permasalahan yang kompleks sehingga mempengaruhi kualitas hidup individu. Kualitas hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh penerimaan diri terhadap situasi yang dihadapi. Illness acceptance merupakan hal yang harus dimiliki pasien GGK untuk dapat mengembangkan strategi coping yang adaptif dan meningkatkan kualitas hidup pasien itu sendiri. Hal ini dapat diperbaiki dengan menghentikan pola pikir negatif individu sehingga dapat berpikir positif dan merasa lebih baik. Pola pikir negatif dapat diubah menjadi positif dengan teknik restrukturisasi kognitif yang terdapat dalam Cognitive Behavior Therapy CBT . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas CBT dalam meningkatkan illness acceptance pada dewasa muda yang mengalami GGK. Efektivitas terapi diketahui dari perubahan skor illness acceptance yang diukur dengan Illness Cognition Questionnaire. Secara umum seluruh partisian mengalami peningkatan dari pengukuran sebelum dan sesudah terapi. Masing-masing partisipan mengetahui pentingnya berpikir positif dan bagaimana cara untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif. Hal ini mempengaruhi penerimaan individu terhadap kondisinya dan kemampuan untuk berperilaku lebih adaptif. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa CBT efektif dalam meingkatkan illness acceptance pada pasien GGK usia dewasa muda.

ABSTRACT
Chronic kidney disease CKD is degenerative disease that can not recover and affect big changes in life. For young adult, CKD causes complex problems that affect their quality of life. Through this problem, they have to raise their ability to think positively, and counter their negative assumption about their condition. The more adaptive, the more they can accept their illness and increase their quality of life. Thus, cognitive behavior therapy CBT is one of the cognitive therapy which is effective to restructuring the mind of the people. This research try to see the effectiveness of CBT in improving illness acceptance. The improvement known by identified the change of the Illness Cognition Questionnaire score and WHOQOL BREF score, before and after intervention. In general, all partisipants have improvement of illness acceptance and quality of life. Then can be conclude that CBT is effective to improve illness acceptance of young adult with chronic kidney disease.

 File Digital: 1

Shelf
 T47380-Risca Dwi Wulandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T47380
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 130 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T47380 15-19-394741739 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446003
Cover