ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk meningkatkan perilaku komunikasi efektif remaja dengan lansia > 65 tahun di lingkungannya. Partisipan adalah siswa lsquo;Sekolah Master rsquo; Depok yang berada pada rentang usia 10-13 tahun dengan jumlah 22 siswa. Intervensi dilakukan satu hari dengan metode pembelajaran observational learning melalui video showing. Salah satu faktor yang berkorelasi positif dengan perilaku komunikasi efektif yaitu pengetahuan berkomunikasi. Evaluasi data kuantitaif melalui perbandingan pre-test dan post-test dilakukan dengan teknik paired samples statistics dengan N= 22. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai p= 0.024 yang berarti < 0.05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa intervensi dengan meningkatkan pengetahuan dan motivasi berkomunikasi melalui video showing dapat meningkatkan perilaku komunikasi efektif pada remaja 10-13 tahun di lsquo;Sekolah Master rsquo; dengan lansia di lingkungannya. Kata Kunci: Komunikasi efektif; observational learnin; video showing
ABSTRACTThis study was conducted to improve the behavior of children effective communication with the elderly 65 years old in their environment. Participants were students from lsquo Sekolah Master 39 who are in the range of 10 13 years old with a number of 22 students. This intervention was done one day with observational learning methods through the video showing. One of the factors positively correlated with the behavior of effective communication was knowledge to communicate. Evaluation of quantitative data by comparing pre test and post test was performed using paired samples statistics with N 22. Statistical analysis showed a significant increase with the value of p 0.024 meaning of