ABSTRAKGeografis Kota Langgur sangat strategis, berpeluang mendukung hinterland yang memiliki potensi pariwisata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi perkotaannya. Diperlukan strategi city branding dalam mengoptimalkan perannya. Penelitian ini menggunakan mix method yang menganalisis kesenjangan supply demand sektor pariwisata Maluku Tenggara, kebutuhan Langgur sebagai kota wisata menurut perspektif wisatawan, perkembangan identitas Langgur, keterkaitan dan komparatif Langgur dengan hinterland serta kota-kota sekitarnya, analisis komunikasi dan image. Membangun Langgur menjadi kota wisata dimulai dari strategi penguatan identitas, wisata dapat menguatkan Langgur sebagai kota wisata. Gerbang merupakan identitas baru Langgur, melalui penguatan identitas dapat menjadikan Langgur sebagai kota wisata yang memiliki daya saing.
ABSTRACTCity Langgur very strategic geographic, may support the hinterland that has the potential of tourism in promoting urban economic growth. City branding strategy is needed in order to optimize its role. This study uses a mix method that analyzes the supply and demand gap of Southeast Maluku tourism sector, needs Langgur as a city traveler 39 s perspective, identity development Langgur, correlations and comparative Langgur with the hinterland and the surrounding towns, communication and image analysis. Build Langgur to tour the city starting from the strategy of strengthening the identity, can strengthen Langgur travel as a tourist town. Langgur gate is a new identity, through the strengthening of identity can make Langgur as a tourist city with competitiveness.