UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran gangguan mental serta faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya gangguan mental pada pasien dengan stroke di poliklinik saraf RSCM tahun 2016 = Mental disorders among stroke patients in neurological out patient clinic Dr Cipto Mangunkusumo General Hospital Jakarta 2016 / Anidiah Novy Hasdi

Anidiah Novy Hasdi; Natalia Widiasih, supervisor; Diatri Nari Lastri, supervisor; Sylvia Detri Elvira, supervisor; Irmia Kusumadewi, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran gangguan mental serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya gangguan mental pada pasien dengan stroke di Poliklinik Saraf RSCM pada tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan desain penelitian studi potong lintang. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa, 46.8 subyek dengan stroke di poliklinik Saraf RSCM mengalami gangguan mental. Gangguan mental terbanyak adalah episode depresif sebesar 19 dan distimia sebesar 16.2 . Jenis mekanisme koping yang terbanyak digunakan subyek adalah emotion focused coping dengan subskala mekanisme koping terbanyak yaitu religion. Tidak ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin, riwayat gangguan mental di keluarga, lokasi lesi, waktu pasca stroke, jenis stroke dan mekanisme koping dengan terjadinya gangguan mental pada pasien stroke. Hubungan yang bermakna didapatkan dari disabilitas fisik, yaitu ketergantungan ringan dan ketergantungan sedang yang berhubungan dengan terjadinya gangguan mental pada pasien stroke.

ABSTRACT
This study aimed to get an overview of mental disorders and the factors that influence the occurrence of mental disorders in patients with stroke in Neurology clinic RSCM in 2016. The study was a descriptive analytic research using cross sectional study design study. The result showed that, 46.8 of subjects with stroke in Neurology clinic RSCM had a mental disorder. Most mental disorders are major depressive episode was 19 and 16.2 dysthymia. Most types of coping mechanisms subject used is emotion focused coping with subscale most coping mechanism that is religion. There is no significant relationship between gender, history of mental illness in the family, lesion location, time of post stroke, stroke and coping mechanisms with the onset of mental disorders in stroke patients. A significant association was obtained from a physical disability, mild and moderate dependence was associated with the occurrence of mental disorders in stroke patients.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Anidiah Novy Hasdi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 71 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-046507690 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446649
Cover