UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Peran sikap terhadap manajemen kokpit, hazardous attitudes, persepsi mengenai risiko dan pengambilan keputusan pilot dalam operasi non-normal = The Role of cockpit management attitudes hazardous attitudes and risk perception towards pilot decision making in non normal operations

Sukmo Gunardi; Mochamad Enoch Markum, promotor; Suprapti Sumarmo Markam, co-promotor; R. Urip Purwono, co-promotor; Wilman D. Mansoer, examiner; Hamdi Muluk, examiner; Andreas Budihardjo, examiner; Matindas, Rudolf Woodrow, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari sikap terhadap manajemen kokpit, hazardous attitudes dan persepsi mengenai risiko terhadap pengambilan keputusan pilot dalam operasi non-normal. Dengan metode non-random, angket model Likert diberikan kepada 537 pilot aktif, kesemuanya pria, baik dari penerbangan militer maupun sipil. Variabel demografis seperti jam terbang total, usia dan organisasi pilot disertakan dalam penelitian. Metode model persamaan struktural SEM digunakan, baik untuk menganalisis model pengukuran maupun struktural; di samping perbandingan rerata seperti uji-t, nalisis varians satu jalur dan korelasi bivariat. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa model teoretis pengambilan keputusan pilot dalam operasi non-normal dapat dijelaskan melalui sikap terhadap perilaku manajemen kokpit, hazardous attitudes, dan persepsi mengenai risiko. Hasil penelitian ini antara menambahkan pentingnya aspek afektif dalam teori pengambilan keputusan, yang diharapkan berimplikasi praktis untuk memperkaya pelatihan pilot dalam konteks crew resource management.

 File Digital: 1

Shelf
 D-Sukmo Gunardi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Disertasi Membership
No. Panggil : D-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2011
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 175 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D-Pdf 07-19-203001741 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446700
Cover