UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pengaruh stereotip gender dalam iklan pada sosialisasi gender pada anak = Stereotype gender effect in advertising on children gender socialization

Amalia Insani Winarso; Hendriyani, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Iklan merupakan salah satu cara bagi pemasar untuk memasarkan produk atau jasanya. Namun, terlepas dari sisi kreatif dan inovatif, sebuah iklan seringkali mengandung isu stereotip gender, terutama iklan yang menyasar anak-anak sebagai target khalayak. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk memaparkan berbagai literatur yang memperlihatkan peran media, dalam hal ini TVC, yang mengandung isu stereotip gender dalam pembentukan persepsi gender anak. Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah studi literatur dari berbagai jurnal, artikel dan buku yang terkait dengan topik penelitian. Stereotip gender yang disosialisasikan pada anak akan masuk pada proses kognisi anak dan akan mempengaruhi pengetahuan dan pemahaman anak mengenai gender. Dampak stereotip gender pada proses sosialisasi anak juga dapat melekat hingga anak menjadi seorang dewasa dan dapat membatasi seseorang dalam berbagai hal, mulai dari pilihan karir, kehidupan sosial hingga cara berpakaian yang sesuai dengan konstruksi gender.
ABSTRACT

Advertising is one of many ways for marketers to market their products. Nevertheless, apart from creative and innovative aspects, an advertising often contains gender stereotype issues, especially advertising that targeting children as the target audiences. The purpose of this study is to explain various of literatures that shows role of the media, spesifically TVC, that contains gender stereotype issues which can affect formation of children gender preception. The methodology of this journal is literature study from different kinds of journals, articles and books that relevant to the research topic. Gender stereotype that socialized to children will be internalized in their cognitive process and it will influence children rsquo s understanding and knowledge about gender. The gender stereotype socialization will influence children behaviour in the future and may restrict a person in many cases career preference, social life and also how to dress based on gender.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Amalia Insani Winarso.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 19 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-314088563 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446914
Cover