UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Multikulturalisme dan dekonstruksi stereotip dalam Zootopia (2016) = Multiculturalism and stereotype deconstruction in Disney's Zootopia (2016)

Tirta Pangestu Putri; Herlin Putri Indah Destari, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Makalah ini berusaha menginvestigasi sebuah film produksi studio Walt Disney yang baru dirilis pada tahun 2016, Zootopia, dengan harapan dapat memberikan gambaran mengenai upaya Disney dalam memperbaiki representasi ras dan jender dalam film-filmnya. Keberadaan makalah akademis yang membahas isu multikulturalisme dan stereotip dalam Zootopia 2016 masih sangat jarang. Makalah ini bermaksud mengisi kesenjangan tersebut dengan mengidentifikasi sikap Zootopia mengenai multikulturalisme dan kaitannya dengan stereotip. Tujuan utama dari makalah ini adalah menjelaskan bagaimana film Zootopia 2016 mengilustrasikan perwujudan konsep multikulturalisme dalam kehidupan nyata, termasuk tantangan-tantangan yang ada seperti konflik sosial berupa stereotip, prasangka, dan diskriminasi yang masih dapat ditemukan dalam kota multispesies Zootopia yang menjadi latar dari film tersebut. Fokus dari investigasi makalah ini adalah latar tempat Zootopia dan juga karakter utamanya, Judy Hopps, yang akan dibahas menggunakan konsep multikulturalisme Caleb Rosado dan dekonstruksi stereotip Stuart Hall. Hasil dari makalah ini menunjukkan bahwa film Zootopia 2016 memanfaatkan stereotip lama yang sudah ada untuk kemudian didekonstruksi di akhir cerita.

ABSTRACT
In hope of giving new insight on Disney rsquo s attempt at improving representation of race and gender in their films, this paper investigates the studio rsquo s recently released Zootopia 2016 . As the film is still fairly new, the existence of academic papers that discuss the issue of multiculturalism and stereotype in Disney rsquo s Zootopia 2016 is still very rare. This paper is meant to fill that gap by identifying Zootopia rsquo s stance on multiculturalism and its relation to stereotype. The primary aim of this paper is to explain how the film illustrates multiculturalism along with its challenge in depicting social tensions that are still abound in the multispecies city of Zootopia, such as stereotyping, prejudice, and discrimination. Caleb Rosado rsquo s concept of multiculturalism and Stuart Hall rsquo s stereotype deconstruction theory will be used to examine the film rsquo s setting and main character, Judy Hopps. The findings of this paper show that Zootopia, when presenting their version of multiculturalism, mostly relies on typical stereotypes in order to challenge them in the end.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Tirta Pangestu Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 16 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI. Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 10-19-111969449 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446972
Cover