UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

#DontjudgeChallenge : representasi dan stereotip dari "kecantikan" dan "ketidakindahan" = #DontjudgeChallenge representation and stereotypes of beauty and ugliness

Ghina Rizki Amalia; Tambunan, Shuri Mariasih Gietty, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

DontJudgeChallenge adalah sebuah kampanye sosial yang mengangkat isu body-shaming yang banyak ditemukan di internet. Kampanye yang seharusnya mendekonstruksi apa yang diyakini sebagai suatu ketidakindahan pada fisik seseorang ini justru membentuk stereotip itu sendiri. Fokus dari penelitian ini adalah mengenai bagaimana stereotip dibentuk dan bagaimana 'kecantikan' direpresentasikan. Dengan menggunakan metode tekstual analisis dari konsep Beauty Myth yang diusung oleh Naomi Wolf dalam video-video yang diunggah di Instagram, penelitian ini menyingkap bahwa orang-orang yang mengikuti kampanye ini merekonstruksi hal-hal yang dianggap sebagai sebuah 'kecantikan' yang umumnya dilakukan melalui rias wajah. Penelitian ini juga menemukan ambiguitas dalam menggambarkan kecantikan dan ketidakindahan yang seringkali tumpang tindih dalam pemaknaannya. Hasil dari penelitian ini dapat berkontribusi pada kajian media sosial yang berhubungan dengan representasi dan stereotip kecantikan dan ketidakindahan dalam kampanye sosial.

DontJudgeChallenge is a social campaign against body shaming publically disseminated on the Internet. While the campaign is supposed to deconstruct what people believe as ugly, it is actually enforcing the stereotypes of ugliness instead. How the stereotypes are constructed and how 'beauty' is represented are the focuses of this study. By using textual analysis from the concept of Beauty Myth by Naomi Wolf through videos posted on Instagram, this study reveals that the participants construct certain types of 'ugliness', and they do it mostly by using makeup in order to create ugliness. There are also ambiguities in portraying what is considered as beautiful and ugly as they often overlap in the videos. This study contributes to the social media studies in relation to the representations of ugliness and beauty in social campaign or activism.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ghina Rizki Amalia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 19 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI., Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-19-821987027 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446991
Cover