UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis praktik klinik keperawatan kesehatan masyarakat perkotaan pada klien tuberkulosis di Ruang Rawat Inap Respirasi Soka atas Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan = Analysis of nursing clinical practice of urban health on tuberculosis in soka atas RSUP Persahabatan

Sri Mulyani Harsrinuksmo; Sri Yona, supervisor; Sri Yona, examiner; Kuntarti, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Tuberkulosis TBC merupakan gangguan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh mycobacterium tuberkulosa. Masalah keperawatan utama pada pasien dengan tuberkulosis adalah ketidakefektifan bersihan jalan napas berhubungan dengan retensi sekret, ditandai dengan batuk produktif dan ketidakmampuan dalam mengeluarkan sekret.
Karya Ilmiah ini menganalisis intervensi keperawatan tehnik batuk efektif pada pasien tuberkulosis di RSUP Persahabatan. Tujuan dilakukan intervensi batuk efektif adalah untuk membantu pengeluaran sekret dengan menggunakan minimal energi, dan kemudahan pengeluaran sekret untuk pembersihan jalan napas.
Hasil dari intervensi yang dilakukan yaitu frekuensi napas pasien dalam rentang normal dan observasi warna dan jumlah sekret untuk mengetahui perubahan proses infeksi yang terjadi dalam saluran pernapasan. Batuk Efektif dapat dijadikan solusi untuk masalah penumpukan sekret pada pasien tuberkulosis dengan minimal penggunaan energi untuk batuk dalam mengeluarkan sekret.

Tuberculosis TBC is a disease in the respiratory system which is caused by mycobacterium tuberculosa. The main nursing problem in patients with tuberculosis is the ineffectiveness of airway related to the retention of sputum with the clinical manifestations production cough.
This case study is purposed to analyze nursing intervention effective cough to clearance airway in patients with tuberculosis at RSUP Persahabatan. The purpose of doing effective cough intervention is to help sputum clearance with minimal energy and remove sputum to clearence airway easily.
Results of intervention are the frequency of the patient 39 s airway in the normal range and observation of the color and amount of secretions to determine the infection process changes that occur in the respiratory tract. Effective cough can be a solution to the problem of accumulation of secretions in patients with tuberculosis with minimal use of energy to remove sputum.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Sri Mulyani Harsrinuksmo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 49 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-18-971479508 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20447482
Cover