UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Praktek kerja profesi di Puskesmas Kecamatan Cengkareng periode bulan September tahun 2016 = Internship report at Puskesmas Kecamatan Cengkareng period September 2016

Nina Afriana; Adisa Swastika, supervisor; Harahap, Yahdiana, supervisor (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Praktek Kerja Profesi PKP di puskesmas bertempat di Puskesmas Kecamatan Cengkareng. Kegiatan ini berlangsung selama tiga minggu dari tanggal 13 September 2016 sampai dengan 30 September 2016. PKP di puskesmas bertujuan agar mahasiswa apoteker mengerti peranan Apoteker, memiliki wawasan tentang pelaksanaan pekerjaan kefarmasian, dan memiliki gambaran nyata akan permasalahan pekerjaan kefarmasian yang terjadi di puskesmas. Berdasarkan kegiatan PKP yang dilakukan, apoteker di Puskesmas Kecamatan Cengkareng secara umum telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam dalam pengelolaan sediaan farmasi dan pelayanan farmasi klinik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai yang dilakukan di puskesmas meliputi perencanaan, permintaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pencatatan, pelaporan, pengarsipan pemantauan dan evaluasi pengelolaan. Adapun kegiatan farmasi klinik yang dilakukan di puskesmas adalah pengkajian, pelayanan resep, pelayanan informasi obat, konseling, dan evaluasi penggunaan obat. Masalah yang terjadi di Puskesmas Kecamatan Cengkareng adalah kurangnya jumlah Apoteker dan belum tersedia ruangan konseling khusus.

Profession Internship at pharmacy was held at Puskesmas Kecamatan Cengkareng. This activity was held from September 13th until September 30th 2016. Profession Internship at pharmacy was intended to make apothecary student understand the role of pharmacist, have insight into the implementation of pharmaceutical practice, and know the issues in pharmaceutical practice in Public Health Center. Based on the activities, pharmacist have been carrying out the duties and responsibilities in management of pharmacy related management of pharmaceutical, medical devices, medical consumable materials, and clinical pharmacy. Management activities include planning, procurement, reception, storage, distribution, destruction, control, reporting, archiving, monitoring and evaluation of management. The clinical pharmacy activities include prescription, drugs information service, counseling, and evaluation of drug use.A number of pharmacies in that Puskesmas Kecamatan Cengkareng are less and not available counseling room. Both of them are problems that occur in Puskesmas Kecamatan Cengkareng.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Nina Afriana-Praktek kerja.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 45 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-18-673063058 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20447640
Cover