Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengembangan metode graph coloring untuk university course timetabling problem pada fakultas tekonologi informasi universitas tarumanegara./ Lely Hiryanto, Jacklin Sinthia Thio.

Lely Hiryanto; Jacklin Sinthia Thio (Universitas Tarumanagara, Fakultas Teknologi Informasi, Laboratorium Penelitian Distributed System, 2011)

 Abstrak

University Course Timetabling Problem merupakan proses penjadwalan mata kuliah di sebuah universitas yang hasilnya diusahakan seoptimal mungkin untuk tidak saling berbenturan dengan batasan-batasan dan syarat-syarat (constraints) tertentu. Dalam menentukan penjadwalan berbasis perhitungan, salah satu metode yang dapat digunakan adalah Graph Coloring. Graph Coloring merupakan merupakan metode yang paling sederhana dan dapat digunakan untuk menentukan penjadwalan yang memiliki berbagai macam constraints. Pada penelitian ini, peneliti mengusulkan pengembangan dari metode Graph Coloring yang ada untuk membuat penjadwalan mata kuliah yang optimal dengan memertimbangkan berbagai macam constraints. Pengembangan ini diujicobakan ke penjadwalan mata kuliah di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara (FTI Untar). Hasil percobaan menunjukkan bahwa pengembangan metode Graph Coloring memberikan hasil penjadwalan yang memenuhi rata-rata 93% seluruh constraints yang ditentukan. Rata-rata 7% pelanggaran constraints dikarenakan keterbatasan jumlah ruang dan total slot waktu kuliah, serta permintaan jadwal tertentu oleh dosen.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : PDF
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Tarumanagara, Fakultas Teknologi Informasi, Laboratorium Penelitian Distributed System, 2011
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 25029274
Majalah/Jurnal : Jurnal Ilmu Komputer dan Informasi
Volume : Vol. 4 No. 2 2011: Hal. 82-91
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Akses Elektronik : http://jiki.cs.ui.ac.id/index.php/jiki/article/view/167
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PDF 03-17-123385457 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20448273
Cover