Based on cognitive theory, this study aims to compare between outcome feedback and
explanatory feedback in the acquiring of internal control review task knowledge and
performance. Both of feedbacks serve different review mechanism, so it will influence auditor?s
judgment process. This study uses experimental method, involving undergraduate accounting
students as participants as a proxy for inexperienced auditors. The result implies that training
should enhance the optimum knowledge acquisition because the appropriateness of training
method will encourage optimum auditor?s performance in internal control review.
Abstrak
Berdasarkan teori kognitif, penelitian ini membandingkan tingkat pemerolehan pengetahuan
dan capaian kinerja penugasan review pengendalian intern antara metode outcome feedback
dengan explanatory feedback. Kedua jenis feedback tersebut menyediakan mekanisme telaah
yang berbeda sehingga keduanya akan memengaruhi proses judgment auditor. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen dan melibatkan mahasiswa jurusan akuntansi sebagai
proksi auditor tidak berpengalaman. Hasil penelitian mengimplikasikan pelatihan seharusnya
berupaya mengoptimalkan pemerolehan pengetahuan sebab ketepatan metode pelatihan akan
mengoptimalkan kinerja auditor dalam melaksanakan penugasan review pengendalian intern.