UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi bersaing melalui pendekatan resource based dalam mencapai keunggulan kompetitif : studi kasus pada PT. Merpati Nusantara Airline

Christina Endang Mirgayawati; Sylvia W.D. Ikhsan, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Persaingan dalam industri dewasa ini tidak dapat hanya melihat kesempatan
kesempatan yang ada diluar perusahaan tetapi perkembangan persaingan industri saat ini
adalah persaingan menggunakan sumber daya-sumber daya yang dimiliki masing-masing
perusahaan. Pandangan perusahaan yang menjalankan strategi dengan hanya melihat
kesempatan yang ada diluar perusahaan sering disebut Market Based Strategy, sedangkan
pandang yang menggunakan sumber daya perusahaan sebagai strategi menghadapi pesaing
disebut dengan Resource Based Strategy.
Dengan pemikiran diatas maka tujuan utama penulisan karya akhir ini adalah
menganalisis sumber daya-sumber daya perusahaan penerbangan berjadwal domestik
Indonesia, sebagai objek penelitian adalah PT. Merpati Nusantara Airline (PT. MNA), yang
dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing dalam industii penerbangan beijadwal di
Indonesia.
Agar diperoleh sumber daya perusahaaan yang dapat digunakan sebagai keunggulan
bersaing maka analisis yang dilakukan penulis adalah dengan cara:
1. Analisis terhadap faktor eksternal dan internal yang paling berpenganih terhadap
PT. MNA dan industri penerbangan beijadwal di Indonesia path saat ini
2. Menganalisis strategi dan posisi PT. MNA dengan matrix TOWS yang merupakan
hasil analisis IFAS (Internal Factor Anaysis Strategy), EFAS (External Factor
Anaaysis Strategy), dan matrix SFAS (Strategic Factor Anaysis Summary).
3. Mencari kompetensi inti PT. MNA dengan konsep swriber daya-sumber daya yang
dimiliki perusahaaan yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing dan rantai
nilai (value chain) industri penerbangan.
Agar diperoleh hasil penelitian konsep saja tidak cukup, sehingga data-data yang
akan dianalisis harus diperoleh sebagai kelengkapan analisis. Data yang dikumpulkan
adalah data-data primer yang diperoleh dan internal perusahaan dan data hasil penyebaran
kuesioner terhadap konsumen industri penerbangan berjadwal yang mendukung penelitian
karya akhir ini.
Dengan menggunakan konsep-konsep dan data-data yang dikumpulkan diatas,
kemudian dianalisis, maka penulis mendapatkan strategi yang disarankan kepada
perusahaan berdasarkan hasil analisis terhadap lìngkungan dan sumber daya perusahaan
yang berpengaruh terhadap industri penerbangan berjadwal di indonesia, untuk
memperbaiki kinerja mencapai keunggulan bersaing maka strategi yang dapat digunakan
adalah:
- Penerbangan domestik
Daya tarik merek (brand awareness) tinggi dimata konsumen sebagai
perusahaan penerbangan yang sudah lama beroperasi, dan adanya dukungan
pemerintah sebagai salah satu perusahaan milik pemerintah menyebabkan
perusahaan memiliki keunggulan dan dapat menghambat masuknya pendatang baru
dalam industri ini (Strategi ST dalam matrix TOWS).
Sumber daya perusahaan yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulan
bersaing dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh perusahan tersebut
diatas adalah strategi efisiensi operasional yang meliputi pemilihan penggunaan
jenis pesawat agar pelanggan menyukai dan merasakan aman, pemilihan rute ? rute
tertentu dalam tujuan meningkatkan daya saing evaluasi dan survey terhadap
konsumen serta dengan mengadakan kerjasama luas dengan agen dan penggunaan
teknologi.
- Penerbangan internasional
Berkembangnya perdagangan bebas dan sosial budaya akan memaksa
perusahaan bersaing dengan perusahaan penerbangan domestik dan perusahaan
penerbangan asing lainnya. Agar perusahaan tetap bertahan dan bertumbuh dalam
industri ini maka perusahaan dalam operasinya hams mengurangi besarnya biaya
operasi (over budget) dan ketidaktepatan jadwal penerbangan agar perusahaan
beroperasi secara efektif dan efisien dalam persaingan (Strategi WT dalam matrix
TOWS).
Strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengambil peluang
memasuki pasar intemasional, dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki
perusahaan tetap meliputi pemilihan pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737,
tetap melakukan analisis terhadap survey pelanggan meningat pelayanan adalah
faktor kritis didalam industri penerbangan dan sangat kompetitif di pasar
internasional. Menjalin hubungan dengan partner diperluas, hal ini sebagai cara
untuk memperoleb akses terhadap pasar internasional.

 File Digital: 1

Shelf
 T4765-Christina Endang Mirgayawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T4765
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 131 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T4765 15-17-561840798 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20448848
Cover