Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Simulasi penetapan kewenangan klinik efektif sebagai alat sosialisasi sistem kredensial profesi keperawatan / Yuhanti, Yulistiana Rudianti, Prisca Yohana Endiarti, Sisilia Indriasari W. Astrid Pratidina Susilo, Herkutanto

Yuhanti (RS Katolik St. Vincentius a Paulo ; STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo ; Universitas Mulawarman. Fakultas KedokteranUniversitas Indonesia. Fakultas Kedokteran, 2013)

 Abstrak

Sistem kredensial dengan pembatasan kewenangan klinik berbasis profesionalisme bertujuan menjamin akuntabilitas tenaga profesional keperawatan dan memastikan bahwa pasien mendapatkan layanan yang aman. Sistem ini disosialisasikan melalui ?Lokakarya Penetapan Kewenangan Klinik? yang menggunakan metode pembelajaran inovatif dalam bentuk simulasi. Simulasi merupakan bentuk yang belum umum digunakan untuk sosialisasi walaupun sangat bermanfaat sebagai metode pemelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas Lokakarya Penetapan kewenangan klinik dengan metode simulasi sebagai bentuk sosialisasi sistem kredensial bidang keperawatan dalam meningkatkan pengetahuan peserta. Metode yang digunakan adalah pretest and posttest without control. Sebelum dan sesudah lokakarya, pengetahuan partisipan diukur dengan test tentang sistem kredensial. Hasil pre test dan post test dianalisis dengan uji t berpasangan. Penelitian ini menemukan adanya perbedaan bermakna antara pengetahuan pre test dan post test, artinya lokakarya penetapan kewenangan klinik dengan metode simulasi efektif menyosialisasikan sistem kredensial. Metode simulasi dapat digunakan untuk melengkapi metode yang sebelumnya dilakukan dalam rangka sosialisasi sistem kredensial.
Simulation of Determination Clinical Authority Effective as Dissemination Tool the System Credentials Nursing Profession. The credentialing system with the delineation of clinical privilege is based on the principles of professionalism. It aims to ensure the accountability of nurses and patient safety. This system is introduced in ?Clinical Privilege Workshop? which used simulation as learning approach. Because simulation is seldom used as a tool to disseminate an innovation, this study aimed to test the effectiveness of simulation method to disseminate credential system in nursing. This study used pretest and posttest without control. Before and after workshop, participants? knowledge was measured using a knowledge test related to credentialing system. Paired t-test was used for the analysis. This study revealed there is a significant difference between the pre and post test, it means Clinical Privilege Workshop with simulation effectively disseminates the credentialing system. Simulation methods can be applied to complete methods existing used in order to support the dissemination of the nursing credential system.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 610 JKI 16:3 (2013)
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: RS Katolik St. Vincentius a Paulo ; STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo ; Universitas Mulawarman. Fakultas KedokteranUniversitas Indonesia. Fakultas Kedokteran, 2013
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14104490 ; 23549203
Majalah/Jurnal : Jurnal Keperawatan Indonesia
Volume : Vol. 16, No. 3, November 2013: Hal. : 190-196
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
610 JKI 16:3 (2013) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20449226
Cover