Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Menumbuhkan perilaku gemar membaca siswa SMA di sekolah melalui program free voluntary reading / Aniq Zuhri

Aniq Zuhri; (Universitas Airlangga. FISIP, 2016)

 Abstrak

Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari pelbagai kalangan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam meningkatkan
minat baca siswa melalui program yang dijalankan di masing-
masing sekolah. Beberapa sekolah di Indonesiaditemui telah menerapakan program kegiatan membaca yang dikaitkan dengan kegiatan akademik (Traditional Instruction) dan ada yang menerapkan
program kegiatan membaca yang tidak dikaitkan dengan kegiatan akademik (Free Voluntary Reading). Perbedaan program kegiatan membaca tentunya akan berdampak pada perilaku membaca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa dan dampak program FVR maupun TI terhadap minat baca siswa, dengan menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya dengan program FVR dan SMAN 17 Surabaya dengan program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan Systematic Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR cenderung mengalokasikan waktu membaca buku yang tergolong tipe pembaca agak rutin (Moderate Readers). Motivasi membaca siswa program FVR tergolong Aesthetic Reading karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan mendapat kesenangan. Sedangkan siswa program TI tergolong Efferent Reading karena motif membaca untuk memenuhi tugas dari guru dan pemahaman materi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program FVR LEBIH MENBERIKAN DUKUNGAN terhadap kegiatan membaca siswa dan berpeluang untuk memunculkan perilaku gemar membaca pada siswa.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 020 PAL 7:2 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Airlangga. FISIP, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20860994
Majalah/Jurnal : Jurnal Keperawatan Indonesia
Volume : Vol. 7, No. 2, Desember 2015-Mei 2016: Hal. : 102-111
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Akses Elektronik : http://journal.unair.ac.id/menumbuhkan-perilaku-gemar-membaca-siswa-sma-di-sekolah-melalui-program-free-voluntary-reading-(fvr)-article-11088-media-86-category-8.html
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
020 PAL 7:2 (2016) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20449646
Cover