Dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi
untuk pencapaian Millennium Development Goals, ditetapkan kebijakan
bahwa setiap ibu yang melahirkan, biaya persalinannya ditanggung oleh
pemerintah melalui Program Jampersal, namun dalam pelaksanaannya
masih ditemukan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kebidanan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi mutu
pelayanan kebidanan terhadap kepuasan pasien program Jampersal
meliputi keandalan bidan, ketanggapan bidan, jaminan bidan, empati dan
bukti langsung. Penelitian ini dilakukan di RSUD Rokan Hulu dengan pop-
ulasi semua pengguna Jampersal yaitu sebanyak 92 orang dan pada
penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggu-
nakan desain potong lintang. Pengumpulan data dilakukan dengan data
primer dan data sekunder. Dilakukan analisis data yaitu analisis univariat,
analisis bivariat (kai kuadrat) dan analisis multivariat (regresi logistik gan-
da). Proporsi pasien program Jampersal yang memiliki kepuasan terhadap
mutu pelayanan kebidanan sebanyak 67 orang (72,8%) dari 92 sampel.
Variabel independen dengan hubungan yang signifikan dengan kepuasan
pasien program Jampersal adalah variabel bukti langsung dengan nilai p <
0,05 (0,003).
In order to reduce maternal mortality rate and infant mortality rate, in achiev-
ing the Millennium Development Goals set policy, that every mother who
gave birth, her labor costs borne by the government through assurance of
delivery program, but in practice still found dissatisfaction of patients to ob-
stetric care. This study aimed to analyze the influence of the quality dimen-
sions of midwifery care on patient satisfaction assurance of delivery pro-
gram include reliability midwife, responsiveness midwife, assurance mid-
wife, and direct tangible. This study was conducted in Rokan Hulu District
General Hospital with a population assurance of delivery all users and as
Dimensi Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Kepuasan
Pasien Program Jampersal
Quality Dimensions of Midwifery Care on Patient Satisfaction Jampersal
(Delivery Assurance) Program
Herlina Susmaneli, Ani Triana
many as 92 people on the entire study population sampled. This study used
a cross sectional design. The data was collected primary data and second-
ary data. Data analysis is performed univariate, bivariate analysis (chi-
square) and multivariate analysis (Multiple Logistic Regression). The pro-
portion of patients who had an assurance of delivery program satisfaction
with the quality of obstetric care by 72.8%. Independent variables with sig-
nificant association with patient satisfaction assurance of delivery is a con-
crete manifestation of variables with p value < 0.05 (0.003).