Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat di ruang rawat inap rumah sakit

oleh Suryani Manurung, Mey Lys Ceryah Hutasoit (Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Jakarta I, 2013)

 Abstract

Rumah sakit berupaya menciptakan mutu pelayanan yang terbaik sebagai salah satu faktor penentu citra di masyarakat. Perilaku caring perawat merupakan salah satu indikator mutu pelayanan yang diterima oleh masyarakat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat di Rumah Sakit Ichsan Medical Centre Bintaro dengan desain potong lintang. Populasi adalah pasien rawat inap dengan pengambilan sampel random sampling sebesar 93. Data dianalisis dengan univariat sampai bivariat dengan analisis kai kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berhubungan dengan persepsi pasien yang menjalani perawatan di rawat inap Rumah Sakit Ichsan Medical Centre Bintaro adalah kebutuhan caring (nilai p = 0,001) dan perilaku caring perawat (nilai p = 0,006). Terpenuhinya kebutuhan caring dan perbaikan perilaku caring perawat akan menjadikan persepsi pasien menjadi positif selama rawat inap.

The hospital strives to create the best quality of service as a determining factor for the image in society. Nurse caring behavior is one indicator of the quality of service received by the public.
The purpose of this study was to determine the factors that influence patient perception to nurse caring behaviors in Ichsan Medical Centre Hospital Bintaro with cross sectional design. The population was inpatients with sampling random sampling of 93. Data were analyzed by univariate and bivariate by chi-square analysis.
The results showed that associated factors with the perception of patients undergoing inpatient treatment at Ichsan Medical Centre Hospital Bintaro is caring needs (p value = 0.001) and the nurse caring behaviors (p value = 0.006). The fulfillment needs of caring and repair will make the nurse caring behaviors the perception become positive patients during hospitalization.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : AJ-Pdf
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Subject :
Publishing : [Place of publication not identified]: Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Jakarta I, 2013
Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 24600601
Magazine/Journal : Jurnal Kesmas
Volume : Vol 8, No. 3 Oktober 2013: Hal. 104-108
Content Type : text
Media Type : computer
Carrier Type : online resource (carrierrda)
Electronic Access : http://journal.fkm.ui.ac.id/kesmas/article/view/351
Holding Company : Universitas Indonesia
Location :
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
AJ-Pdf 03-17-658236148 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20450188
Cover