ABSTRAKDari dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan saat ini konsumen semakin rasional
dalam proses pembelian dimana akan selalu membandingkan antara manfaat yang diharapkan
dengan pengorbanan yang dikeluarkan dengan tetap memperhatikan pencapaian kebutuhan.
Disisi lain kekuatan ekonomi saat ini bukan ditentukan jari ruai ekonomis suatu sumber daya
tetapi sangat ditentukan kemampuan dalam memiliki atau mengelola informasi. Tingginya
nilai ekonomis suatu informasi sangat tergantung dan keakuratan dan kecepatan informasi
tersebut. Internet merupakan salah satu bentuk sarana dalam upaya mencari informasi dengan
cepat. Dukungan kemajuan teknologi telekomunikasi dan koinputer yang talc dapat dibendung
maka saat ini internet dapat digunakan untuk menyalurkan suara sehingga tarif telepon
menjadi jauh lebih murah dibandingkan jasa eksisting.
Dengan adanya dukungan regulasi serta perkembangan teknologi yang tidak dapat
dibendung maka akan memberi kemudahan bagi pemain baru untuk memasuki suatu bisnis
telekomunikasi. Sedangkan bagi konsumen dapat memberikan suatu pilihan dalam
berkomunikasi ke luar negeri. Untuk itu perusahaan yang ingin memasuki pasar dengan
produk baru dimana harga merupakan key succsess factor, maka sangat diperlukan
pengetahuan tentang proses peneniinaafl produk dan proses pengambilan keputusan konsumen.
Mengingat harga merupakan faktor utarna pada jasa telepon berbasis internet protokol (IP)
¡nalca diperlukan pula inforniasi tentang pengetahuan konsumen terhadap produk dan barga.
Agar penetapan barga tepat dan berorientasi path konsumen maka sangat diperlukan
pengukuran kisaran barga yang dapat diterinia. Dalam pengukuran pada peneitian [ni
menggunakan metode Price Sensitivity Meter.
Informasi yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan pengambilan data ke lapangan melalui kuesioner tersstruktur sebanyak 102 responden di Jakarta dengan kriteria menggunakan telepon internasional yang aware tentang telepon berbasis internet protookol dan menggunakannya.
Dari seluruh responden SLI 001 memiliki tingkat top of mind paling tinggi (81%)
Sedangkan istilah telepon berbasis IP masib rendah; telepon internet dan telepon murah (3%).
Sedangkan pengetahuan tentang merck pada jasa telepon berbasis IP, saat ini belum ada top
of mind merek yang mendominaai (rnelebihi 50%), naniun Telkom Save meniiliki tingkat
paling tinggi (36%).
Dari beberapa alternatif penggwiaan jasa telepon internasional, SL! 001 paling sering
digunakan (sesuai dengan tingkat top of mmd yang dimiliki) sedangkan telepon berbasis LP
memiliki tingkat pengunaan yang lebih tinggi (38%) dibandingkan dengan SU 008 (10%).
Namun dilihat dan merek hampir semua merek digunakan oleh responden dengan Telkom
Save paling banyak digunakan (32%).
Faktor harga murah merupakan alasan dan kebutuhan utama mengunakan telepon
berbasis IP disamping itu pada responden korporat faktor kualitas tetap menjadi
pertímbangan sedangkan pada responden residensial faktor lain yang menjadi pertimbangan
adalah asal nyambung. Sedangkan faktor yang mempengaruhi responden untuk menggunakan
telepon berbasis IP sangat dipengarUhi oleh orang-orang terdekat pengguna dan sekaligus
mereka menjadi sumber informasi utama.
Adapun layanan yang paling banyak digunakan adalah dalam bentuk kartu dan
mengharapkan kartu tersebut dapat rnudah ditemukan di lokasi-lokasi pusat perbelanjaan,
pusat pelayan Internet service provider, toko komputer, toko buku serta di Fuji Image
Plaza. Umumnya penggunaan telepon berbasis IP paling banyak dilakukan oleh responden
korporat tetapi dengan waktu percakapan lebih cepat dibandingkan responden residensial.
Kisaran harga yang diterima antan responden korporat dan residensial relatif sama
yaitu antara 53% sampal dengan 84% terhadap tarif SLI dengan ütik optimum UfltUk
responden korporat lebih rendah (62%) dibandingkan dengan responden residensial sebesar
74% terhadap tarif SLI. Adapun penilaian responden terhadap tarif yang beredar
dipersepsikan berada antara seda.ng dan murah dengan rata?rata penilalan 3,56 dan skala 5.
Sedangkan persepsi terhadap kualitas umumnya pada level 60% skI 65% terhadap SU normal
dengan kualitas yang diharapkan 85.98%.
Dalam implementasinya pemain barn hams menentukan harga sesuai kisaran yang
diterima dengan memperhatikan biaya yang dilcehiarkan agar tetap meraih keuntungaTi dengan
menciptakan value dimana harga yang diberikan lebih rendah ctibandingkan dengan kuaiitas
dan pelayanan yang tcrima oleh konsumen. Berdasarkan penelitian ini bagi pemain baru
dapat menetapkan barga berkisar antan 60% hingga 66% untuk segmen korporat dan 62%
hingga 68% untuk seginen residensial dengan catatan perusahaan tersebut harus memiliki
diferensiasi yang jelas atau dapat pula menetapkan harga secara head to head dengan
kompetitor utama yaitu 53% hingga 62% dari tarif SLI untuk korporat dan 53% hingga 64%
untuk segmen residensial.
Dari proses adopsi terhadap produk baru, telepon berbasis IP akan cepat diterima oieh
konsumen mengingat reIatif advantage sesuai dengan kebutuhan dan switching cost yang
rendah. Dalam pengambilan keputusan penggunaan telepon berbasis IP, peralatan merek dan
tenaga penjual serta atribut kualitas tetap menjadi pertimbangan responden.