ABSTRAKNilai pelanggan menjadi konsep yang sangat penting dalam penelitian dan
praktek bisnis untuk menarik pelanggan bam dan mempertahan pelanggan yang sudah
ada. Penelitian yang berhubungan dengan nilai pelanggan dan pengukuran terhadap
nilai pelanggan ini masih belum banyak sehingga menjadi suatu tantangan besar untuk
dilakukan.
Pertumbuhan disektor jasa ini sangat pesat seiring dengan pertumbuhan
ekonomi dunia maupun kawasan yang sudah mulai meningkat dengan signijQkan.
Dengan kondisi ini pelanggan mulai mempunyai banyak alteraatif pilihan untuk
melakukan pengiriman dokumen atau barang kiriman mereka keluar negeri dengan
harga yang cukup kompetitif. Oleh karena itu pemsahaan penyedia jasa ini hams lebih
fokus memperhatikan keinginan pelanggan mereka dan meningkatkan kualitas jasa
mereka dengan harga yang tetap kompetitif dari sudut pandang pelanggan.
Penelitian ini menganalisis pengamh kualitas dan harga terhadap nilai
pelanggan pada pemsahaan jasa pengiriman ekspres khususnya FedEx Indonesia.
Jumlah sampel untuk penelitian ini diambil sebanyak 100 orang secara random pada
gerai layanan pelanggan yang terdapat di tiga tempat dengan jumlah pelanggan
terbanyak. Sampel diambil dengan metode non-probability sampling kemudian diolah
dengan teknik analisis faktor (factor analysis), regresi berganda (multiple regresion)
dan GLM univariat (general linear model univariate)
Basil penelitian menunjukkan bahwa nilai pelanggan dipengamhi secara
signifikan oleh kualitas dan harga. Kualitas itu sendiri dijelaskan oleh reliabilitas
layanan pemsahaan, kecepatan layanan, penanganan kiriman, layanan pelanggan dan
kemudahan pengiriman. Interaksi antara kualitas dan harga bemilai negatif tetapi
signifikan mempengamhi nilai pelanggan, berarti khusus untuk layanan FedEx ke
tujuan tertentu produk jasa pengiriman bersifat inelastis
Penelitian ini dapat membantu pemsahaan dan para manajer dalam
memfokuskan layanan kepada pelanggem agar dapat memberikan nilai lebih dari sudut
pandang pelanggan. Disamping itu, penelitian ini juga membuka kesempatan bagi
penelitian-penelitian berikutnya untuk mengembangkan faktor lain seperti proses
pembayaran, pengumsan prosedur measuk barang dan lainnya sehingga lebih baik
dalam mempengamhi nilai pelanggan dan membantu pelanggan memperoleh layanan
yang lebih baik dari pemsahaan.