UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemasaran strategik industri kulit imitasi tahun 2001-2003 menghadapi pasar global

Panggabean, Randy P.; Sofjan Assauri, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Penulis memilíh topik ini karena melihat bahwa industri kulit imitasi yang
merupakan salah satu industri kimia, memiliki konsumen pada segmen industri yang
amat luas dan mempunyai keunggulan-keunggulan kompetitif nasional, ikut mengalami
kemerosotan penjualan akibat krisis Pertumbuhan pasar kulit imitasi sejak awal ?90-an
terus berkembang pesat sehíngga mencapai puncaknya tahun 1996. Turun sekitar 20%
pada akhir 1997; merosot lagi 50% sepanjang tahun 1998 lalu nyaris tidak ada perubahan
pada tahun 1999, dan akhimya mulai ada geliat pertumbuhan sekitar 5 ? 10% sampai
dengan kuartal III tahun 2000.
Yang menarik adalah, segmen industri pengguna kulit imitasi tenis bertumbuh
khususnya yang beronentasi ekspor. Hal ini curna dapat berarti bahwa permíntaan luar
ne?eri untuk produk yang menggunakan kuLit imitasi sebagai salah satu bahan baku atau
sel uruhnva. terbuka lebar dan meningkat.
Sangat disayangkan bahwa akibat krisis tidak sedikit pelaku industri yang tidak
mampu bertaban, padahal sebelumnya sehat dan menguntungkan. Hal ini menggelitik
keingintahuan penulis untuk meneliti bagaimana sebenamya strategi yang diterapkan
pada masa lalu dan bagaimana sebenamya strategi yang tepat untuk ditempuh dalam
rnenghadapi krisis yang lambat pemulihannya, kesejahteraan masyarakat memburuk,
inflasi, depresíasi rupiah, dan menjelang persaingan global yang dicanangkan oleh
pemerintab pada tahun 2003.
Satu hal yang pasti, situasi dan kondisi perekonomian Indonesia tidak akan
pulih dalam waktu dekat, dan persaingan global cepat atau lambat akan tiba. Menghadapi
tangangan yang sudah berat dan semakin berat jadi. Tidak ada kata lain bagi industri kulit
imitias di lndonesia selain meninjau kembali kemampuan diri dan mengukunya terhadap
persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku industri global. Sebab pasar masa depan
adalah dunia, bukan hanya wilayah atau negara. Pasar yang tidak lagi dibatasi oleh
tempat, budaya dan bahkan waktu juga tidak lagi aktif/pasif melainkan interaktif.
Pada saat pasar interaktif itu terjadi, keunggulan bersaing suatu industri dan
bangsa haruslah memenuhi standar global yang berlaku. Industri yang ragu dan tidak
siap dalarn pengertian strategi internal dan eksternal, akan mengalanhi kemunduran
dan kegagalan dalam persaingan global.
Tujuan penulisan adalah untuk melakukan perumusan sirategi yang sebaiknya
diadopsi industri kuilt imitasi Indonesia agar dapat bersaing baik di pasar dalam negeri.
ma upun yang lebih luas dan potensial, pasar global.
Dalam pembahasan tulisan ini, untuk dapat menganalisis strategi yang
dilakukan oleh industri kuht irnitasi di Indonesia, penulis mengambil contoh studi kasus
PT. Rasico Industry Corp., Ltd. (Rasico) yang merupakan perintis industn kulit imitasi
JCfliS Polyurethar1e dan Polyvinyl Chloride dengan proses coating sejak tahun 1974.
ßerjuang dan awai dan berhasil menjadi market leader dalam periode sekitar tahun 1986
1996. Sebagai pcrusahaan keluarga yang dikelola secara konservatif dan konvensional,
ternyata rapuh kctika diterpa krisis. Namun demikian, dengan keunggulan-keunggulan
yang distriktif masih dapat hertahan dan menyadari perlunya dilakukan terobosan strategi
yang tcpat agar dapat keíuai dan kaneah permasalahan dan persaingan sebagai
pemenang.
Pada analisis yang dilakukan dalam tulisan ini, penulis menempuh sistematika
proses manajemen strategik yang dipadukan dengan kaidah seria strategi pemasaran dan
persaingan Secara garis besar analisis dibatasi pada identifikasi peluang dan ancaman
dan lingkungan eksternal. analisis persanigan dan bauran pmasaran, identifjkasi
keunggulan dan kelemahan dan Iir1gkungan internal, analisis posisi dan strategi yang
sesuai bagi unit bisnis/perusahaan, serta bentuk-bentuk penerapan dan
pengembangannya.
Diternukan bahwa pemasaran strategik Rasico untuk penode 2001 ?2003 tidak
dapat melanjutkan strategi konvensional yang lama. ditemukan peluang yang baik bahkan
dalam keadaan sulit sekarang khususnva segmen industri utama dan pasar ekspor, narnun
diidentifikasi pula kelemahan yang menghalangi keungguan yang telah dimiliki untuk
menangkap pe!uang secara optimal. Langkah pemasaran strategik yang disarankan adalah
kornbinasi strategi pertumbuhan dengan pemantapan dan strategi diversifikasi.
Strategi pertumbuhan dengan pemantapan adalah perbaikan menyeluruh dan
pen ingkatan produktifitas dengan menerapkan prinsip-prinsip efisiensi yang efektit
tokus kepada segmen utama yang dikuasai dan rnenguntungkan. Diferensiasi produk
dengan biaya reiatif rendah harus terus menerus diciptakan, baik produk maupun layanan
yang berorientasi kepuasan pelanggan.
Strategi diversilikasi melipuli produk usaha baru/alternatif yang dapat ditempuh
demi mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh lingkungan dan persaingan aktititas
bisnis ini.

 File Digital: 1

Shelf
 T5924-Randy P Panggabean.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 106 pages : illustration ; 23 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-640139905 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20451738
Cover