Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Education as community partnerships: an ethnographic study of the us coalition of essential schools (ces) and the australian national schools net- work (nsn) / Vicente C. Reyes, Jr

Vicente C. Reyes, Jr; ([Publisher not identified] , 2002)

 Abstract

Tulisan ini menyajikan suatu bentuk pendekatan yang dianggap berhasil meningkatkan mutu pendidikan dengan cara membuat sebuah kemitraan antarkelompok komuniti antarsekolah. Cara ini dinilai dapat menjawab persoalan-persoalan birokrasi pendidikan negara yang terlalu rumit dan berjenjang. Penulis meyakini bahwa sekolah merupakan tempat seseorang memperkaya diri di segala bidang. Namun, seringkali birokrasi pendidikan yang terpusat dan diatur oleh negara membuat institusi sekolah (termasuk tenaga guru) tidak memiliki otonomi untuk mengembangkan diri, serta mengembangkan visi dan misi yang lebih tepat dan kontekstual. Melalui studi etnografi selama dua tahun terhadap kemitraan dua kelompok bentukan komuniti pendidikan di Amerika dan Australia, diperlihatkan bahwa kerjasama antara tenaga pendidik, staf administrasi, orang tua, dan tokoh masyarakat merupakan unsur penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Tulisan ini diharapkan dapat menjadi acuan pembanding untuk kasus birokrasi pendidikan di Indonesia dalam konteks otonomi daerah yang mulai bergulir.

 Metadata

Collection Type : Artikel Jurnal
Call Number : PDF
Main entry-Personal name :
Subject :
Publishing : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002
Cataloguing Source : LibUI eng rda
ISSN : 16936086
Magazine/Journal : Jurnal Antropologi Indonesia
Volume : No 69 (2002)
Content Type : text
Media Type : computer
Carrier Type : online resource
Electronic Access : http://journal.ui.ac.id/index.php/jai/article/view/3445
Holding Company : Universitas Indonesia
Location :
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
PDF 03-17-530643584 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20452207
Cover