UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Landasan hubungan produsen - perantara faktor-faktor penerimaan produk industrial : studi kasus PT Emdeki produsen Kalsium Karbit

Hiskak Secakusuma; Albert Widjaja, supervisor ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Produk Industrial adalah bahan yang dipak:ai sebagai masukan untuk memproduksi
barang lain. Salah satu di antaranya adalah Kalsium Karbit yang digunak:an untuk
memproduksi gas asetilin, untuk pengelasan oleh bengkel, dan untuk: perangsang dan
pematangan buah-buahan.
Dari permintaan pasar yang beraneka ini, pada dasarnya produsen berhadapan
dengan dua jenis pasar yaitu Pasar Industrial dan Pasar Perantara (Reseller Market).
Strategi Pemasaran PT Emdeki sebagai produsen karbit, menekankan keunggulan mutu dan
distribusi yang luas untuk memberi kemudahan pembeli. Dalam dua tahun pemasaran, PT
Emdeki telah berhasil merebut 80% pangsa pasar dan memperoleh apresiasi dari pelanggan
yang dinyatakan dalam bentuk kesediaan membayar lebih mahal daripada produk impor.
Hasil kajian ini menunjukkan bahwa keberhasilan PT Emdeki Utama tergantung
pada kemampuannya menjalin hubungannya dengan Pasar Perantara berdasarkan kepuasan
pelanggan melalui produk dengan mutu tinggi dan jaringan distribusi yang luas. Sedangkan
hubunganya dengan Pasar Industrial dilandasi atas kemitraan, yaitu saling pengertian dan
saling membantu untuk mencapai tujuan masing-masing. Konsep Pemasaran yang
dianutnya adalah Konsep Jualan pada fase penetrasi yang selanjutnya bergeser ke Konsep
Pemasaran untuk fase berikutnya.
Dari hasil survai terhadap Pasar Perantara, yang dalam hal ini adalah toko-toko besi
dan bahan bangunan, diperoleh urutan pentingnya fak:tor-fak:tor yang mempengaruhi
pengambilan keputusan untuk menerima suatu produk menjadi barang dagangan mereka,
yaitu: Mutu, Harga, Promosi, Saran Ahli, dan Merek.
Meskipun fak:tor Harga menempati urutan penting ke dua, temyata pada fase setelah
penetrasi, PT Emdeki menggunakan fak:tor Harga ini sebagai variabel dependen berupa
sasaran harta tertinggi yang ingin dicapai.
Kajian ini masih perlu dilanjutkan, dalam hal sejauh mana tingginya harga dapat
memantapkan apresiasi pelanggan tanpa mengundang entry baru di dalam negeri, baik oleh
investor nasional atau investor asing.

 File Digital: 1

Shelf
 T6669-Hiskak Secakusuma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 67 pages : illustration ; 23 cm + appendiix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-682161164 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452832
Cover