UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh hepatitis imbas obat hio karena obat antituberkulosis terhadap keberhasilan pengobatan tuberkulosis paru di RSUP Persahabatan Jakarta = The influence of anti tuberculosis drug induced hepatotoxicity to succesful treatment of pulmonary tuberculosis at Persahabatan Hospital Jakarta

Nisa Maria, supervisor; Maksum Radji, supervisor; Erlina Burhan, supervisor; Retnosari Andrajati, examiner; Sudibyo Supardi, examiner (Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Hepatitis imbas obat HIO merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang perlu diperhatikan dan serius dari obat antituberkulosis OAT . Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh HIO karena OAT terhadap hasil pengobatan TB. Penelitian ini dilakukan dengan metode kohort restrospektif di RSUP Persahabatan, Jakarta. Data diambil dari rekam medis pasien periode Januari 2013 ndash; Maret 2016. Analisis dilakukan terhadap masing-masing 38 sampel untuk pasien TB yang mengalami HIO dan pasien TB yang tidak mengalami HIO. Pasien TB dengan HIO mengalami peningkatan pada hasil tes pemeriksaan fungsi hati meliputi; SGOT, SGPT, dan bilirubin disertai gejala klinis seperti tidak nafsu makan, mual, muntah, dan ikterik. Analisis relative risk menunjukkan bahwa pada pasien TB yang mengalami HIO risiko ketidakberhasilan pengobatan TB adalah 2,50 kali 95 CI: 1,259 ndash; 4,960 lebih besar dibandingkan dengan pasien TB yang tidak mengalami HIO. Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata lama pengobatan TB yang berhasil antara pasien TB yang mengalami HIO dengan yang tidak mengalami HIO p < 0,05 . Pasien TB yang mengalami HIO memiliki durasi pengobatan yang lebih lama 8,44 1,85 hari dibandingkan dengan yang tidak mengalami HIO 6,52 0,93 hari . Durasi pengobatan ini dihitung dari mulai OAT diberikan kembali dalam dosis penuh untuk pasien TB dengan HIO.

Antituberculosis drug induced hepatotoxicity DIH is a serious adverse reaction from tuberculosis TB treatment. This study aimed to evaluate the impact of antituberculosis DIH to outcome TB treatment. A cohort retrospective study conducted at Persahabatan Hospital Jakarta. Data collected from patients medical record period January 2013 ndash March 2016. Patients TB with DIH characterized by elevation value of liver function test including SGOT, SGPT, and total bilirubin TBil , and followed by the presence of clinical symptoms i.e. anorexia, nausea, vomiting, and jaundice Relative risk analysis showed that risk of unsuccessful TB treatment on patient with DIH is 2.50 fold 95 CI 1.259 ndash 4.960 compare to patient without DIH. The mean of duration treatment for a successful outcome for patient with DIH and patient without DIH was statistically significant p.

 File Digital: 1

Shelf
 T48277-Nisa Maria.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T48277
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 120 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T48277 15-18-351675039 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454154
Cover