UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran jaringan satuan pendidikan dalam proses pengambilan keputusan adopsi inovasi studi kasus program ujian nasional berbasis komputer di SMAN 12 Pandeglang = The role of educational unit networks in adoption of innovation s decision making process case study program ujian nasional berbasis komputer at SMAN12 Pandeglang

Syifa Astasia Utari; Firman Kurniawan Sujono, supervisor; Eriyanto, examiner; Martani Huseini, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini mengangkat kasus Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 12 Pandeglang sebagai inovasi di bidang pendidikan. Ironis, meskipun Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang dekat dengan ibu kota negara, namun kondisi infrastruktur dan psikologis peserta didik di sana belum memadai sehingga menyulitkan satuan pendidikan untuk mengadopsi program tersebut. Namun, menariknya adalah pada tahun 2017 satuan pendidikan di Kabupaten Pandeglang walau karakter inovasi dianggap rumit dan tidak sesuai kondisi, tapi jumlah yang mengadopsi justru bertambah. Terdapat satuan pendidikan yang mengubah keputusan setelah melakukan komunikasi dan interaksi dengan sesama satuan pendidikan lainnya yang akhirnya membentuk jaringan satuan pendidikan yang dinamakan kelompok kerja kepala sekolah SMA Pandeglang. Artinya terdapat hal lain selain karakteristik inovasi itu sendiri yang turut menentukan pembuatan keputusan satuan pendidikan yaitu peran jaringan sesama satuan pendidikan.Penelitian ini bukan studi jaringan komunikasi yang meneliti tentang struktur komunikasi dan hubungan antar aktor, namun jaringan yang dimaksud adalah jaringan satuan pendidikan yang terbentuk secara alamiah karena berada pada wilayah yang sama. Dalam kasus ini, peneliti melihat bahwa komunikasi yang terjadi antara SMAN 12 Pandeglang dengan satuan pendidikan lainnya dalam jaringan tersebut ternyata telah berkontribusi dalam membentuk dan mengubah pandangan dalam proses pembuatan keputusan adopsi inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post positivist, dan studi kasus sebagai metodenya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peran jaringan satuan pendidikan yang dapat berkontribusi dalam setiap tahapan pada proses pembuatan keputusan adopsi inovasi, yaitu peran suportif, informasional, dan rujukan.

ABSTRACT
Pandeglang as an innovation. Ironically, although regional Pandeglang is a close enough to the national capital, but the infrastructure and psychological student condition are inadequate. Those obstacles only make educational unit become more difficult to adopt the innovation program. However, the interesting point in this year is even though the character of innovation is considered complicated and not compatible to their conditions, but the number of education unit in Pandeglang regency that adopted is actually increasing. There is an educational unit that changes its decision after did some communication and interaction with other education unit that formed a network of educational unit called the headmaster group of SMA Pandeglang naturally. This means that there are other things besides the characteristics of innovation that contribute to create a decision.This study is not about communication network studies that analyze the structure of communication and relationships between actors. Term ldquo the network rdquo in this paper is used to help researcher to describe a network of educational units that are formed naturally because they are in the same region. In this case, the researcher sees that the communication between SMAN 12 Pandeglang and other educational units in the network has contributed to shaping and changing the outlook in decision making process. This research used qualitative approach with post positivist paradigm, and case study as its method. The result shows that there is a role of educational unit network that has contributed in every stage of decision making process of innovation adoption, that is supportive, informational, and referral role.

 File Digital: 1

Shelf
 T47842-Syifa Astasia Utari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T47842
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 212 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T47842 15-20-542492164 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454479
Cover