UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Mengoptimalkan pengelolaan tahanan BNN untuk mendukung demand reduction dan supply reduction = Optimalizing BNN s detainee management on supporting demand reduction and supply reduction

Esti Karunia Wulandari; Elizabeth Kristi Poerwandari, supervisor; Puspitasari, supervisor; Mamoto, Benny Jozua, examiner; Tb. Ronny Rahman Nitibaskara, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengoptimalan pengelolaan Tahanan di Rutan BNN untuk mendukung demand reduction dan supply reduction, karena walaupun telah banyak tersangka yang ditahan dan barang bukti yang disita oleh BNN, peredaran gelap narkotika di Indonesia malah meluas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam terhadap 7 orang tahanan di Rutan BNN Pusat dengan beberapa kategori khusus dan berbagai peran dalam organized crime. Dari penelitian ini diketahui bahwa tahanan yang memiliki riwayat penyalahgunaan narkotika memiliki variasi tahapan perubahan, yakni di fase prekontemplasi, kontemplasi, preparasi. Penting dilakukan intervensi agar mereka dapat mempertahankan kondisi abstinen selama di Rutan BNN. Rapport building yang terbina secara alamiah antara peneliti dengan tahanan membuat komunikasi lebih mudah dan tahanan lebih terbuka sehingga meningkatkan akurasi hasil asesmen dan bercerita tentang informasi penting yang tidak disampaikan pada penyidik. Rapport building juga bisa menjadi teknik yang efektif dalam investigasi anggota OC yang memiliki aturan tutup mulut. Apabila selama berada di rutan BNN tidak dilakukan pengelolaan tahanan dengan hati-hati, berpotensi membesarnya supply dan menjadi embrio terciptanya jaringan baru di Rutan. Kelompok yang melakukan kejahatan ringan seperti pemakai, kurir dapat direkrut oleh bandar atau hirarki di atasnya sehingga ikut masuk dalam drug-crime chain.

ABSTRACT
This research is based on the urgently needed of BNN s detainee optimazation in supporting demand reduction and supply reduction. Despite of many suspect has been arrested and many evidence has been seized by BNN, the drugs abuse still growing. This research use qualitative in depth interview and observation on 7 BNN s detainee with some special qualification and role within organized crime. It has been discovered that detainee with drug use records, has various stages of change, precontemplation stage, contemplation stage, preparation stage. Intervention is urgently needed for maintenance abstinen condition as long as in the detained. Natural rapport building between researcher and detainee, make easier communication and they more opened so assesment s accuration can be increased and they tell more important information that can t be found by investigator. Rapport buliding could become effective investigation techniques for OC member with strict no talking rules. If detainee management is not proper as long as ini the detained periode, it would create new network. The low level law offence like drug user, couririer might be recruit by high rank drug dealer and become drug crime chain.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Esti Karunia Wulandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 139 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-225412105 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454942
Cover