UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh iklim psikologis dan kepercayaan interpersonal terhadap perilaku berbagi pengetahuan pada dosen perguruan tinggi = The influence of psychological climate and interpersonal trust on knowledge sharing in higher education lecturers

Ken Ardhacandra Puspacarira; Ali Nina Liche Seniati, supervisor; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner; Rita Markus Idulfilastri, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Era globalisasi yang memberikan dampak besar pada bidang industri dan organisasi,
termasuk perguruan tinggi. Era globalisasi mendorong organisasi untuk terus
memaksimalkan aset yang dimiliki guna dapat berkembang dan bertahan. Salah satu
aset yang dimiliki oleh organisasi adalah pengetahuan yang ada pada tiap individu
sebagai angota organisasi. Oleh karena itu penting bagi perguruan tinggi untuk
mengelola pengetahuan antara lain melalui perilaku berbagi pengetahuan. Faktor
individu dinilai dapat mempengaruhi bagaimana perilaku berbagi pengetahuan pada
dosen perguruan tinggi. Faktor individu tersebut diantaranya adalah kepercayaan
interpersonal dan persepsi terhadap iklim psikologis. Penelitian ini dilakukan pada 289
dosen dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia melalui kuesioner online. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa iklim psikologis diketahui memprediksi secara positif
dan signifikan kepercayaan interpersonal. Selain itu, ditemukan bahwa kepercayaan
interpersonal memediasi secara parsial hubungan antara iklim psikologis dan kegiatan
berbagi pengetahuan pada dosen perguruan tinggi.

ABSTRACT
The globalization era has a profound impact on industry and organizations, including
higher education organizations. Globalization era encourages organizations to continue
maximize their assets to grow and survive. One of the assets owned by the organization
is knowledge that exists for each individual as an organizational member. It is
important for higher education organizations to manage their knowledge. Individual
factors assessed can affect how knowledge sharing on higher education lecturer. The
individual factors including interpersonal trust and the perception of psychological
climate. This research was conducted on 289 lecturers from several higher education
organizations in Indonesia through an online questionnaire. The results showed that
psychological climate are known predict positive and significantly against interpersonal
trust. In addition, interpersonal trust found partially mediated the relationship between
psychological climate and knowledge sharing in higher education lecturer.

 File Digital: 1

Shelf
 T48572-Ken Ardhacandra Puspacarira.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T48572
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 55 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T48572 15-17-961910925 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454948
Cover