ABSTRAKEra globalisasi yang memberikan dampak besar pada bidang industri dan organisasi,
termasuk perguruan tinggi. Era globalisasi mendorong organisasi untuk terus
memaksimalkan aset yang dimiliki guna dapat berkembang dan bertahan. Salah satu
aset yang dimiliki oleh organisasi adalah pengetahuan yang ada pada tiap individu
sebagai angota organisasi. Oleh karena itu penting bagi perguruan tinggi untuk
mengelola pengetahuan antara lain melalui perilaku berbagi pengetahuan. Faktor
individu dinilai dapat mempengaruhi bagaimana perilaku berbagi pengetahuan pada
dosen perguruan tinggi. Faktor individu tersebut diantaranya adalah kepercayaan
interpersonal dan persepsi terhadap iklim psikologis. Penelitian ini dilakukan pada 289
dosen dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia melalui kuesioner online. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa iklim psikologis diketahui memprediksi secara positif
dan signifikan kepercayaan interpersonal. Selain itu, ditemukan bahwa kepercayaan
interpersonal memediasi secara parsial hubungan antara iklim psikologis dan kegiatan
berbagi pengetahuan pada dosen perguruan tinggi.
ABSTRACTThe globalization era has a profound impact on industry and organizations, including
higher education organizations. Globalization era encourages organizations to continue
maximize their assets to grow and survive. One of the assets owned by the organization
is knowledge that exists for each individual as an organizational member. It is
important for higher education organizations to manage their knowledge. Individual
factors assessed can affect how knowledge sharing on higher education lecturer. The
individual factors including interpersonal trust and the perception of psychological
climate. This research was conducted on 289 lecturers from several higher education
organizations in Indonesia through an online questionnaire. The results showed that
psychological climate are known predict positive and significantly against interpersonal
trust. In addition, interpersonal trust found partially mediated the relationship between
psychological climate and knowledge sharing in higher education lecturer.