UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengajaran keterampilan membaca menggunakan metode peer-assisted learning strategies = The teaching of reading skills using peer assisted learning strategies

Megawati; Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; F.X. Rahyono, examiner; Harumi Manik Ayu Yamin, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Tesis ini membahas pengajaran keterampilan membaca menggunakan metode peer-assisted learning strategies PALS dan metode tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan ancangan pre-test post-test control group dan teknik sample purposive sampling. Data diperoleh dari pre-test, post-test, kuesioner motivasi membaca, kuesioner persepsi pemelajar terhadap metode PALS dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik metode PALS maupun metode tradisional sama-sama dapat meningkatkan kemampuan membaca teks recount secara signifikan namun kelompok eksperimen lebih unggul. Walaupun demikian metode PALS terbukti meningkatkan motivasi membaca pemelajar dan penerapan metode ini juga mendapat respon positif dari mereka. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan penggunaan metode PALS dalam pengajaran keterampilan.

This study examines the teaching of reading skills using peer assisted learning strategies PALS method and the teaching of reading skills using traditional method. This study is quasi experimental with pre test post test control group and uses purposive sampling. The data were obtained from the results of the pre test, post test, the questionnaire of reading motivation and the students perception toward PALS method and the interview.
The study shows both methods improve the students reading skills significantly but the students in the experimental group achieved a higher score compared with the students in the control group. In addition, PALS method has increased the students reading motivation and the students taught with PALS method had a positive perspective toward the implementation of this method. Thus, the researcher recommends the use of PALS method in improving the reading skills of students in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 T48190-Megawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T48190
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 182 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T48190 15-20-994313546 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20454982
Cover