ABSTRAKWaktu tunggu yang lama pada pelayanan rawat jalan akan mengurangi kepuasan
pelanggan. Dari sisi karyawan, tidak mengetahui beban kerja sebenarnya
menyebabkan karyawan mudah mengeluh dan meminta untuk diadakan tambahan
karyawan yang sebenarnya bisa jadi tidak perlu. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Peneliti melakukan observasi alur proses pelayanan rawat jalan
dan waktu yang digunakan pasien untuk melakukan proses pengobatan di poliklinik
paru RSUD Pasar Minggu dan melakukan analisis beban kerja dan penghitungan
kebutuhan SDM dokter spesialis paru. Dari hasil observasi dilakukan analisis waste
dan pemetaan Value Stream Map rawat jalan. Hasil penelitian pada Curent State
Map menunjukkan 90% waktu pelayanan rawat jalan poliklinik paru merupakan
kegiatan yang tidak bernilai tambah (waste) dan hanya 10 % yang merupakan
kegiatan bernilai tambah (value added). Usulan perbaikan dengan metode lean
dituangkan dalam Future State Map dan diproyeksi dapat menurunkan kegiatan non
value added menjadi 69,2% dan meningkatkan kegiatan value added menjadi
30,7%. Menurunkan waktu tunggu dari awalnya 279 menit menjadi 72 menit
ABSTRACTLong waiting time on outpatient services will reduce customer satisfaction. From
the employee side, not knowing the actual workload causes the employees to easily
complain and ask to be held additional employees who may actually be
unnecessary. In this study, the researcher observed the outpatient service process
flow process and the time used by the patient to perform the treatment process at
the Lung Polyclinic of RSUD Pasar Minggu and analyzed the work load and the
calculation of the HR requirement of lung specialist doctor. From the results of
observations conducted waste analysis and mapping Outstanding Output Value
Stream Map. The results of the research on the Curent State Map shows 90% of the outpatient
service time of pulmonary polyclinic is an activity that is not value added (waste)
and only 8% is a value added activity. Proposed improvement by lean method, set
forth in the Future State Map is projected to reduce non value added activities to
69.2% and increase value added activities to 30.7% and reduce waiting time from
279 minutes to 72 minutes.