UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perbandingan in-school free reading dan self-reported free reading berbasis laman dalam mengembangkan pemahaman membaca bahasa Inggris = Comparison of web based in-school free reading and self-reported free reading in developing English reading comprehension

Anisah Durrotul Fajri; Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; Afdol Tharik Wastono, examiner; Harumi Manik Ayu Yamin, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Pemahaman membaca Bahasa Inggris merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai oleh pemelajar di Indonesia. Namun demikian, pemahaman membaca Bahasa Inggris telah menjadi masalah tersendiri bagi pemelajar di Indonesia. Free Voluntary Reading FVR merupakan dalah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman membaca Bahasa Inggris pemelajar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penyelenggaraan dua tipe FVR, yaitu in-school free reading ISFR dan self-reported free reading SRFR , dengan menggunakan media laman ER-Central. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ISFR lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca pemelajar. Selain itu, dari kuesioner yang disebarkan setelah program ISFR dan SRFR selesai, pemelajar dari kedua kelas memiliki persepsi yang positif terhadap program yang mereka ikuti. Dengan demikian FVR merupakan metode pembelajaran membaca yang patut diterapkan untuk mengembangkan pemahaman membaca pemelajar.

ABSTRACT
English reading comprehension is a very important skill to be acquired by Indonesian students. Indonesian students of all levels would experience English exams including English reading comprehension tests either in national school exams or in university admission exams. However, English reading comprehension has long been a problem for many Indonesian students, especially for high school students. Implementing a Free Voluntary Reading FVR program is one way to enhance English reading comprehension for Indonesian students. This study aims to investigate two types of FVR, in school free reading ISFR and self reported free reading SRFR , which involves using the Extensive Reading Central website. The results show that ISFR is more effective in improving students rsquo English reading comprehension. Questionnaires were distributed to both classes to investigate the students rsquo perception towards the two types of FVR programs. The results show that students from both classes have positive perception towards the program they participated in. Thus, FVR can be a worthy teaching method to promote students rsquo reading comprehension.

 File Digital: 1

Shelf
 T48763-Anisah Durrotul Fajri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T48763
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 111 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T48763 15-21-269793821 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20455399
Cover