ABSTRAKTujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan, sikap, perilaku terkait operasi katarak pada penderita gangguan penglihatan berat dan buta akibat katarak usia 50 tahun ke atas. Desain penelitian berbasis populasi dengan metode quasi Experiment dengan pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah responden yang turut serta dalam survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness RAAB DKI Jakarta tahun 2015 yang berjumlah 76 orang yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan perlakuan. Kriteria inklusi adalah responden yang memiliki visus terbaik < 3/60 ndash; 6/60 dengan pinhole disebabkan oleh katarak dan belum pernah mengikuti operasi katarak. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian edukasi efektif meningkatkan pengetahuan dan memperbaiki perilaku untuk menjalani operasi katarak 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan orang yang tidak menerima edukasi p>0.5
ABSTRACT To determine the effect of education on knowledge, attitude, behavior related cataract surgery in patients with severe visual impairment and blindness due to cataracts aged 50 years and over in the area of Jakarta. Population based research design using the Quasi Experiment method with pre test and post test design, using questionnaires containing questions about cataracts. The affordable population in this study were all respondents who participated in the 2015 Rapid Assessment of Avoidable Blindness RAAB survey. Inclusion criteria were respondents who had the best visus