ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana jaringan praktik selebgram terbentuk pada konteks ekonomi atensi. Berbeda dengan selebriti pada konteks media massa, praktik selebgram bukan merupakan hasil konstruksi industri. Praktik selebgram membentuk sebuah jaringan pengguna internet yang secara aktif berperan sebagai produsen sekaligus konsumen. Jaringan ini mengampu selebgram dan memberikan ruang bagi komersialisasi kontemporer, yaitu konsumsi narasi-narasi kecil selebgram oleh pengguna internet lainnya, sehingga memberikan pengguna gambaran tentang praktik selebgram dan memampukan pengguna untuk menjadi pelaku. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan bagaimana selebgram menampilkan diri secara visual pada kanal Instagram. Penelitian ini menemukan bahwa selebgram mengkonstruksikan cybersituations dalam praktiknya, sehingga praktik selebgram merupakan praktik yang membawa pemberdayaan bagi pelakunya. Kata kunci:Selebgram, jaringan, ekonomi atensi, komersialisasi kontemporer, konsumsi naratif, cybersituations.
ABSTRAKThis research aims to understand how the networked practice of Instagram celebrities is shaped within the context of attention economy. Different from celebrities within the context of mass media, the practice of Instagram celebrities is not constructed by the industry. The practice of Instagram celebrities form a network of internet users who actively play their role as producers as well as consumers. This network props Instagram celebrities and facilitates contemporary commercialization. Contemporary commercialization is the consumption of the small narratives of Instagram celebrities by internet users, giving the users an insight on the practice of Instagram celebrities and enabling them to act as actors. This research also aims to describe how Instagram celebrities present themselves visually on Instagram. This research finds that Instagram celebrities construct cybersituations in their practices, hence the practice of Instagram celebrities becomes empowering for actors involved. Keywords Instagram celebrities, network, attention economy, contemporary commercialization, narrative consumption, cybersituations