UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemahaman terhadap nilai budaya Yogyakarta melalui penggunaan logotype kota Yogjakarta tahun 2015 = Understanding Yogyakarta's cultural value in Yogyakarta's 2015 logotype

Yan Simba Patria; Erwin; Ilya Revianti Sudjono Sunarwinadi, examiner; Ken Reciana Sanjoto, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Keberhasilan proses komunikasi nilai budaya dalam membangun city branding salah satunya dibuktikan dengan adanya pehamanan masyarakat terhadap pesan yang disampaikan melalui material desain logo. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemahaman masyarakat terhadap nilai budaya Yogyakarta yang disampaikan melalui logotype kota Yogyakarta tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemahaman masyarakat terhadap nilai budaya dalam konsep visual logotype Kota Yogyakarta masih rendah. Hal dibuktikan dari temuan hasil wawancara terhadap 11 informan. Ketidakpahaman tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; kurangnya pengetahuan terhadap perubahan logotype, permasalahan publikasi dan sosialasi makna logotype, dan perbedaan persepsi antara Dewan City Branding dan masyarakat terhadap nilai budaya. Permasalahan pengetahuan perubahan logotype terjadi akibat rendahnya awareness masyarakat terhadap perjalanan perubahan brand kota Yogyakarta dari tahun 2001 ke tahun 2015. Permasalahan ketidakpahaman banyak dipengaruhi oleh adanya ketidaksesuaian antara nilai yang disampaikan oleh Dewan City branding dengan persepsi masyarakat terhadap nilai budaya Yogyakarta. Pada akhirnya, penelitian ini menghasilkan rekomendasi saran berupa pergantian sebagian visual logotype berdasarkan analisis yang telah dilakukan.

ABSTRACT
The measure of a sucessful communication of cultural values in city branding is the level of people rsquo s understanding of the message conveyed by the logo design. This research aims at exploring people rsquo s understanding of Yogyakarta rsquo s cultural values communicated through Yogyakarta rsquo s 2015 Logotype. Qualitative method is employed for this research and data are gathered through literature review and interviews. This study reveals that people rsquo s understanding of the cultural values in the visual concept of Yogyakarta rsquo s logotype is lacking. This is due to lack of knowledge about the changes in the logotype, problems related to the publication and dissemination of the logotype, and people rsquo s differing perceptions about cultural values. The lack of knowledge about the logotype is resulted from low level of awareness about the evolvement of the City of Yogyakarta rsquo s brand since 2001 until 2015. The lack of publication and dissemination of Yogyakarta rsquo s logotype to provide visual understanding of the logotype contributes to this lack of awareness. Furthermore, it rsquo s also a case of incompatibility between the messages that the City Branding Council tries to convey and the people rsquo s understanding of Yogyakarta rsquo s cultural values. This research concludes by providing recommendations on how some visual parts of the logotype should and could be modified to better represent Yogyakarta rsquo s cultural values based on the analysis provided by this study.

 File Digital: 1

Shelf
 S68019-Yan Simba Patria.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S68019
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 98 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S68019 14-19-388114680 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20456591
Cover